Minggu, 8 September 2024

Penumpang Suroboyo Bus Naik Tiga Kali Lipat sejak Awal Beroperasi, Dishub Perbaiki Waktu Tunggu

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Suroboyo Bus ketika melewati salah satu sudut di Kota Lama Surabaya yang kini disulap menjadi lokasi wisata baru di Kota Pahlawan. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyebut penumpang Suroboyo Bus naik tiga kali lipat sejak awal beroperasi 2018 hingga 2023.

Trio Wahyu Bowo Sekretaris Dishub Kota Surabaya menyebut, kesimpulan itu dari akumulasi data jumlah penumpang.

“Jumlah penumpang Suroboyo Bus dari awal beroperasi hingga saat ini terus mengalami peningkatan,” kata Trio Wahyu Bowo melalui keterangan pers pada Kamis (20/6/2024).

Sepanjang 2023, jumlah penumpang Suroboyo Bus mencapai 1.729.758 orang. Sementara pada 2018 lalu, ketika awal beroperasi, jumlahnya hanya 513.142 orang.

Kenaikan terjadi bertahap setiap tahunnya. Misalnya pada 2022 ada 1.611.415 penumpang, pada 2021 tercatat ada 926.971 orang yang menggunakan Suroboyo Bus sebagai moda transportasi.

Kenaikan ini menurutnya karena sejumlah inovasi digitalisasi yang dilakukan Dishub Surabaya.

“Semua pembayaran layanan Suroboyo Bus sudah menggunakan cashless atau nontunai. Tentunya kemudahan pembayaran melalui QRIS,” paparnya.

Ia memastikan akan terus melakukan evaluasi perbaikan. Salah satunya keluhan penumpang soal waktu tunggu bus atau headway.

“Kami terus melakukan evaluasi agar layanan headway sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ditentukan, yakni 15 menit. Saat ini, waktu tempuh layanan Suroboyo Bus sekitar dua jam 30 untuk satu kali perjalanan pulang-pergi (PP),” ungkapnya.

Seperti yang dilakukan di rute Terminal Osowilangun (TOW) menuju Universitas Surabaya (Unesa), yaitu mengganti Suroboyo Bus dengan angkutan feeder WiraWiri.

“Salah satu evaluasi yang dilakukan, misalnya rute TOW menuju Unesa yang sebelumnya menggunakan Suroboyo Bus digantikan dengan unit kendaraan lebih kecil. Kemudian, unit Suroboyo Bus dialihkan ke rute utama Terminal Purabaya menuju Perak sehingga headway bisa lebih cepat dari sebelumnya,” paparnya.

Inovasi lainnya akan dilakukan, mulai memperpanjang rute, penggabungan rute, integrasi antar halte dan stop bus.

“Sehingga masyarakat akan lebih tertarik untuk menggunakan moda transportasi umum,” imbuhnya.

Diketahui ada 28 unit Suroboyo Bus yang beroperasi. Rutenya Terminal Osowilangun – Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Terminal Purabaya – Pringadi, Purabaya – Rajawali, hingga Terminal Purabaya – Dukuh Menanggal. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs