Minggu, 22 September 2024

Pentas Wayang Mengobati Kerinduan: Sudjiwo Tejo Hadirkan Alap-Alap Surtikanti!

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Sudjiwo Tejo saat beraksi sebagai dalang dalam lakon Alap-Alap Surtikanti, Sabtu (21/9/2024). Foto: Akira suarasurabaya.net

Sudjiwo Tejo menampilkan pentas wayang Alap-Alap Surtikanti, sebagai kado pernikahan untuk pasangan Alfian Limardi dan Angelica Wahyu Kartika pada Sabtu (21/9/2024) di Taman Budaya Cak Durasim.

Menurut pantauan suarasurabaya.net, sejak pukul 20.00 WIB, masyarakat yang bukan tamu undangan sudah memadati area lesehan yang disediakan tepat di depan layar wayang.

Aksi Sudjiwo Tejo sebagai dalang dalam pentas ini sekaligus mengobati kerinduan masyarakat terhadap penampilan wayang yang kini jarang terlihat di Kota Pahlawan.

“Saya datang bersama istri dan anak demi melihat wayang, yang sudah jarang sekali tampil,” ungkap Santoso kepada suarasurabaya.net.

Sementara itu, Mbah Tejo—sapaan akrab Sudjiwo Tejo—menjelaskan bahwa mempelai wanita, Angelica, adalah seorang aktivis seni.

“Jadi, ini semacam kado pernikahan, yang saya kembangkan juga menjadi diskusi budaya dengan menghadirkan seniman-seniman dari Surabaya lainnya,” terangnya.

Mbah Tejo juga menambahkan bahwa Alap-Alap Surtikanti adalah kisah cinta antara Surtikanti dan Adipati Karna, kakak dari Arjuna. Meski ini adalah pertama kalinya cerita ini dipentaskan, Mbah Tejo mengaku tidak memerlukan latihan khusus.

“Lah, saya ini bukan politikus yang lagi persiapan kampanye. Jadi, kalau nggak melukis, ya saya latihan setiap hari,” katanya santai.

Menurutnya, pentas ini memiliki daya tarik unik karena dilakukan secara interaktif.

“Seperti yang saya bilang tadi, ini adalah diskusi budaya. Jadi akan ada komunikasi dua arah antara saya dan penonton. Layar pembatas di panggung akan dibuka, agar komunikasi tidak terhalang,” pungkasnya. (kir/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 22 September 2024
28o
Kurs