Minggu, 8 September 2024

Pendaftar Jalur Mandiri Unair Tembus Delapan Ribu Peserta

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kampus Universitas Airlangga (Unair). Foto: Dok. Unair

Prof. Mohammad Nasih Rektor Universitas Airlangga (Unair) mengungkapkan, pendaftar jalur mandiri di kampusnya tahun ini mencapai 8.234 peserta. Sebanyak 2.900 di antaranya merupakan pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Menurut Nasih, jumlah itu terbilang banyak. Apalagi, kuota jalur mandiri hanya 4.000 mahasiswa baru. Sehingga, akan banyak pendaftar yang tidak bisa tertampung lewat jalur itu.

“Selain KIP Kuliah, pemegang Program Keluarga Harapan (PKH) dan yatim piatu bisa mendapat kesempatan kuliah di Unair dengan pembebasan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) asal nilainya bagus. Jadi, tinggal membayar UKT saja,” ujarnya, Rabu (24/7/2024) dilansir Antara.

Untuk calon mahasiswa baru (maba) yang sudah diterima di Unair dan kurang mampu, kata Nasih, pihaknya masih membuka peluang untuk mengurus KIP Kuliah serta mendapat keringanan biaya kuliah.

“Kuota KIP-K kami masih tersisa sekitar 300 lebih. Jadi, merata kuotanya di antara jalur SNBT, SNBP dan mandiri,” imbuhnya.

Unair menyediakan empat jalur seleksi mandiri, yaitu Mandiri Prestasi, Mandiri UTBK Plus, Mandiri Ujian Tulis, dan Mandiri Kemitraan Ujian Tulis. Peserta boleh mendaftar lebih dari satu jalur seleksi mandiri.

“Untuk jalur Mandiri Prestasi dan UTBK Plus sudah berlangsung. Sementara yang ketiga (Mandiri Ujian Tulis) yaitu dengan tes menggunakan soal yang disiapkan Unair akan diselenggarakan akhir pekan ini mulai 25 hingga 27 Juli 2024,” pungkasnya.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs