Minggu, 8 September 2024

Pencarian Kapal Angkut Material BTS BAKTI yang Hilang di Perairan Papua Resmi Dihentikan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tim SAR Timika melakukan pencarian Kapal Cita XX yang membawa BTS Kominfo yang diduga hilang kontak sejak pekan lalu. Foto: Basarnas

Direktur Operasi Basarnas Edy Prakoso menyatakan operasi pencarian kapal pengangkut material bahan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang hilang di perairan Papua, resmi dihentikan Sabtu (27/7/2024) hari ini.

Penghentian operasi dilakukan setelah tim personel gabungan dari Kantor SAR Timika, TNI dan Polri daerah setempat tak kunjung menemukan tanda-tanda keberadaan kapal dan para penumpangnya meski sudah berusaha maksimal selama tujuh hari penuh sejak operasi pencarian dan pertolongan dimulai pada Jumat (19/7/2024).

“Dengan catatan jika di kemudian hari ditemukan tanda-tanda keberadaan kapal ataupun tanda-tanda dari para penumpang maka operasi SAR akan dimulai kembali,” kata Edy dilansir dari Antara.

BACA JUGA: Kapal Angkut Material BTS BAKTI dan 12 Orang Hilang di Perairan Papua

Untuk itu pula menurutnya, tim siap untuk mengumpulkan dan menindaklanjuti segala informasi dari warga setempat yang berkaitan dengan keberadaan kapal landing ship tank (LCT) Citra XX dengan fisik berwarna putih, bervolume 245 GT yang hilang itu demi memperbesar kemungkinan dapat ditemukan.

Basarnas menerima laporan terkait kapal LCT Citra XX yang hilang kontak saat dalam perjalanan dari Timika ke Lokpon, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Jumat (26/7/2024).

Kapal dengan 12 kru pelayaran itu membawa bahan pembangunan Base Transceiver Station BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia dengan tujuan ke Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan dan dijadwalkan tiba pada Kamis (18/7/2024).

BACA JUGA: kominfo Sebut Pencarian Kapal Pengangkut BTS BAKTI Belum Membuahkan Hasil

Sejak laporan diterima hingga selama tujuh hari setelahnya atau Jumat (26/7/2024) tim SAR gabungan terus melakukan pencarian secara intensif.

Mulai dari kapal angkutan perang KRI Teluk Lada 521 hingga helikopter Super Puma, Pesawat Boeing pengintai 737-200 milik TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara sudah dikerahkan menyusuri wilayah perairan laut Timika – Yahukimo, Papua Pegunungan. Bahkan jangkauan pencarian diperluas menjangkau perairan Dobo – Asmat, Papua Selatan.

Kantor SAR Timika menghimpun dari ke-12 kru kapal tersebut diketahui bernama Dedi Irawan (mualim), M Arif Efendi, Haikal, Rusli, Agiera, Nimrot, Lukman Hakim, Samsudin, Asmoro, Suherman, Alhakim dan Junaidi (selaku nakhoda) sampai saat ini belum diketahui nasib dan keberadaannya. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
32o
Kurs