Minggu, 8 September 2024

Pemulangan Hampir Tuntas, 37 Ribu Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Tiba di Tanah Air

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana pemulangan jemaah haji Debarkasi Surabaya di Bandar Udara Juanda. Foto: Media Centre Haji AHES

Sebanyak 37.354 jemaah haji Debarkasi Surabaya tercatat sudah menginjak tanah air hingga Sabtu (20/7/2024) kemarin. Dengan begitu, peoses pemulangan haji sudah mencapai 95 persen atau hampir tuntas.

Abdul Haris Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya mengatakan, berakhirnya rangkaian haji tinggal menunggu kepulangan 5 kloter tersisa Debarkasi Surabaya.

Kloter jemaah haji itu dijadwalkan tiba di Bandar Udara Juanda pada Minggu (21/7/2024) hari ini. Sedangkan Senin (22/7/2024) besok, Asrama Haji akan menerima kloter pamungkas atau terakhir.

“Empat kloter dijadwalkan akan masuk asrama haji Minggu. Yakni kloter 102, 103, 104, dan 105 sedangkan satu kloter pamungkas yakni kloter 106 masuk pada Senin sore,” kata Haris dalam keterangannya, Minggu.

Kedatangan kloter 106 yang merupakan rombongan terakhir ini rencananya, akan dihadiri para PPIH inti serta stakeholder.

Antara lain dari Kementerian Agama, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Otoritas Bandara, Penerbangan, Bea Cukai, Kantor Imigrasi, dan sebagainya.

“Kehadiran para PPIH inti dan stakeholder ini sekaligus sebagai forum untuk evaluasi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 untuk perbaikan layanan di tahun berikutnya,” terang Haris.

Sementara itu berkaitan dengan layanan ibadah haji 2024, Haris menyebut telah melakukan banyak perbaikan dari evaluasi-evaluasi tahun sebelumnya. Mulai dari layanan di Embarkasi Surabaya hingga di tanah suci.

“Di Embarkasi Surabaya, koper jemaah dibawakan hingga ke kamar. Jemaah juga tidak perlu jauh-jauh ke kamar karena dijemput mobil golf,” kata Haris.

Haris melanjutkan. “Sementara di tanah suci para jemaah tidak perlu repot-repot mencari makan karena sudah disiapkan semua di sana. Jemaah cukup fokus beribadah,“ imbuhnya.(wld/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs