Jumat, 20 September 2024

Pemukim Ilegal Israel Rampas Sejumlah Besar Domba Warga Palestina di Tepi Barat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pemukim ilegal Israel terlihat berada di kawasan peternakan warga di barat laut Jericho, Tepi Barat yang diduduki, pada Sabtu (14/9/2024). Foto: Antara/ Anadolu

Pemukim ilegal Israel bersenjata merampas sejumlah besar domba milik warga Palestina di wilayah pendudukan selatan Tepi Barat.

Dilansir Antara dari kantor berita Palestina Wafa, Kamis (19/9/2024), sekelompok pemukim bersenjata itu menyerang rumah-rumah warga Palestina di komunitas Haribat an-Nabi di daerah Masafer Yatta dengan perlindungan dari militer Israel.

Masafer Yatta adalah sekelompok 19 desa Palestina di distrik Hebron di bagian selatan Tepi Barat.

Menurut kantor berita Wafa, para pemukim ilegal mencuri banyak domba dari dua pria Palestina, Ali Sabah dan Abdul Muhsin Rashid, setelah menahan keluarga, menggeledah rumah dan lumbung, serta menimbulkan kekacauan.

Palestina mengatakan pihak berwenang Israel bersikap lunak dalam menyerang pemukim ilegal sebagai bagian dari upaya resmi untuk mengintensifkan kegiatan pemukiman di wilayah pendudukan.

Menurut perkiraan Israel, lebih dari 720.000 pemukim tinggal di permukiman ilegal di seluruh Tepi Barat yang diduduki, termasuk Yerusalem Timur. Pemukiman Israel dianggap ilegal berdasarkan hukum internasional.

Ketegangan meningkat di wilayah pendudukan Tepi Barat di tengah serangan mematikan Israel di Jalur Gaza yang telah menewaskan hampir 41.300 orang yang sebagian besar perempuan dan anak-anak, sejak serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober tahun lalu.

Setidaknya 710 warga Palestina telah terbunuh dan hampir 5.700 lainnya terluka akibat serangan pasukan Israel di Tepi Barat sejak 7 Oktober, menurut Kementerian Kesehatan.

Peningkatan ketegangan menyusul pendapat penting Mahkamah Internasional pada Juli yang menyatakan pendudukan Israel selama puluhan tahun atas tanah Palestina sebagai hal yang ilegal dan menuntut evakuasi seluruh permukiman di Tepi Barat dan Yerusalem Timur. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
30o
Kurs