Minggu, 8 September 2024

Pemred SS: Kehadiran Teknologi untuk Membantu, Bukan Menggantikan Manusia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Eddy Prastyo Editor in Chief Suara Surabaya memberikan speech dalam gelaran Google I/O Extended Surabaya, Sabtu (27/7/2024). Foto: Akira suarasurabaya.net

Isu kehadiran teknologi yang bisa menggantikan pekerjaan manusia, beberapa waktu lalu sempat menjadi perbincangan.

Dalam pembukaan gelaran Google I/O Extended Surabaya, Eddy Prastyo Pemimpin Redaksi Suara Surabaya Media mengatakan, kehadiran teknologi harusnya untuk membantu manusia, bukan menggantikan profesi mereka.

“Ini menjadi sisi gelap yang terjadi terhadap perkembangan teknologi, seperti dalam film ‘Terminator’, saat SkyNet berbalik menyerang manusia,” terangnya, Sabtu (27/7/2024).

Semua orang, lanjut Eddy, tentu tidak ingin hal itu terjadi. Maka, ilmu pengetahuan yang membantu kita untuk bisa memanfaatkan teknologi itu dengan baik.

Menurut Eddy, teknologi bisa berjalan berdampingan bahkan mendukung beragam profesi.

“Misalnya saja gatekeeper dan penyiar di Radio Suara Surabaya. Mereka bekerja secara multitasking. Selain berkomunikasi dengan pendengar, tapi juga mencatat yang menjadi keluhan mereka untuk disiarkan,” katanya.

Jika ada teknologi AI, tambah Eddy, tingkat intimacy dengan pendengar jadi bertambah. Karena pekerjaan mencatat itu bisa tergantikan.

“Masyarakat harus bisa melihat opportunity di masa depan dalam penggunaan teknologi AI. Karena teknologi diciptakan untuk membantu, bukan menjadikan manusia jadi tidak relevan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Google I/O Extended Surabaya diadakan di Suara Surabaya Centre pada Sabtu (27/7/2024), bekerja sama dengan Google Developer Groups, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS), dan Suara Surabaya Media. (kir/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
32o
Kurs