Senin, 28 Oktober 2024

Pemkot Surabaya Jadikan ARTSUBS Acara Tahunan dan Diintegrasikan dengan Paket Wisata Kota Lama

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pengunjung berfoto di depan salah satu karya yang ditampilkan dalam ARTSUBS 2024 di Post Bloc Surabaya pada Sabtu (26/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana menjadikan ARTSUBS sebagai acara tahunan, serta mengintegrasikannya dengan paket wisata Kota Lama.

Hidayat Syah Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menyebut, pameran seni rupa kontemporer skala nasional pertama di Surabaya ini akan jadi kebanggaan seperti di kota lain.

“Awal mulanya kami berpikir, Jakarta memiliki Art Jakarta, Yogya memiliki ARTJOG, maka Surabaya bisa menggelar ARTSUBS. Kami combine sehingga munculah karya seniman kontemporer,” kata Hidayat pada Senin (28/10/2024).

Ia menyebut akan menyiapkan mobil jip wisata listrik Toer Wagen untuk memasukkan ARTSUBS sebagai salah satu destinasi yang dikunjungi rombongan wisatawan.

“Nanti kami siapkan Toer Wagen untuk masuk sini (Pos Bloc). Karya seninya sangat luar biasa, jadi bisa langsung mengunjungi ARTSUBS untuk menikmati dan merasakan experience,” ujarnya.

Diketahui, total ada 300 lebih karya dari 154 seniman seni rupa. Sebelumnya, Pemkot Surabaya bersama kurator ARTSUBS terlebih dahulu melakukan kurasi terhadap karya-karya para seniman.

“Seniman ternama turut ikut memamerkan karyanya di ARTSUBS, termasuk 15 seniman dari Kota Surabaya,” imbuhnya.

Pameran di Pos Bloc Surabaya itu digelar sejak Sabtu (26/10/2024) hingga 24 November 2024 mendatang.

“Pengunjung akan terbius, ini adalah pameran terbesar, Jakarta dan Yogyakarta kalah, Surabaya paling besar. Bahkan dengan pameran di Singapura, masih besar di Surabaya,” tegasnya. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 28 Oktober 2024
32o
Kurs