Rabu, 18 September 2024

Pemkot Surabaya Berencana Membuat Skatepark Indoor Skala Internasional

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya saat mencoba olahraga skateboard saat pembukaan Kejuaraan Skateboard di Skate and BMX Park, Sabtu (4/6/2022). Foto: Dinkominfo Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan membuat skatepark indoor berskala internasional di lokasi Hi-Tech Mall.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, rencananya skatepark di Hi-Tech Mall satu lokasi dengan eks Taman Hiburan Rakyat (THR) yang direvitalisasi akan digabungkan dengan macam-macam cabang olahraga.

“Kita juga akan membangun skatepark indoor berskala internasional di Hi-Tech Mall. Karena Hi-Tech Mall akan saya jadikan tempatnya anak muda, ada skateboard, e-sport, dan macam-macam di lantai atas yang bekasnya bioskop,” ungkapnya.

Tujuannya, Hi-Tech Mall akan terintegrasi dengan kawasan eks THR dan Taman Hiburan Rakyat sebagai area multifungsi yang berkorelasi dengan ruang publik untuk komunitas dan menampung kegiatan kreasi, produksi, distribusi, konsumsi, hingga konservasi masyarakat Surabaya.

Selain membangun, Pemkot Surabaya juga akan merevitalisasi dua skatepark yang sudah ada, di Taman Bungkul dan Kalimas.

Targetnya skatepark Taman Bungkul, akan selesai terlebih dahulu dua minggu mendatang. Sementara skatepark di Kalimas selesai November.

“Insyaallah untuk di Bungkul, ditargetkan selesai dua minggu lagi dan akan dibuat untuk FORDA (Festival Olahraga Masyarakat Daerah). Untuk yang di skatepark belakang Plaza Surabaya juga sama, akan direvitalisasi dan gambar desainnya juga sudah dilihat oleh komunitas,” imbuhnya.

Revitalisasi Skate & BMX Park Kalimas akan menyasar pada desain area obstacle, penambahan penerangan, mural, dan lain sebagainya.

“Jadi kita ubah, area awal atau depan bisa untuk pemula, kalau (pemain) sudah bisa nanti ke area kedua. Nah, di area kedua bisa digunakan untuk BMX,” imbuhnya.

Sementara itu, Iman Kristian Kepala Bidang (Kabid) Bangunan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya menjelaskan, setelah revitalisasi Skatepark Kalimas baru dimulai setelah area Taman Bungkul selesai.

“Jadi nanti teman-teman di sini (Kalimas) akan beralih berlatih di sana (Taman Bungkul). Untuk pekerjaan skatepark di Hi-Tech Mall dan Kalimas dilakukan bersamaan, sekarang yang di Hi-Tech Mall sudah mulai kerja karena menggunakan obstacle portable, semua jadi lebih cepat,” kata Iman.

Sedangkan pembangunan skatepark indoor berskala internasional akan dikerjakan di bagian basement dulu.

“Biar Hi-Tech Mall menjadi area skena (tempat berkumpul) anak muda. Arahan Pak Wali di lantai 4 bekas bioskop digunakan untuk skatepark indoor. Lalu obstacle portable ada di basement, sekarang diutamakan aktivasi di basement dan lantai 1, sedangkan lantai 4 bertahap,” pungkasnya. (lta/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 18 September 2024
24o
Kurs