Senin, 1 Juli 2024

Pemerintah Pastikan Serangan Siber PDNS Tak Pengaruhi PDN

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Nezar Patria Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika dalam wawancara cegat di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (18/12/2023). Foto: Antara Nezar Patria Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika dalam wawancara cegat di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (18/12/2023). Foto: Antara

Nezar Patria Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) memastikan bahwa Pusat Data Nasional (PDN) yang tengah dibangun di Cikarang, Jawa Barat, tak terpengaruh dengan adanya serangan siber yang menyerang Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya.

“Tidak ada dampak, PDN terus berjalan pembangunannya, ini kan PDNS. Tapi ini jadi lesson learn buat kita, kita akan evaluasi security system dan segala macamnya,” kata Nezar dilansir dari Antara pada Senin (24/6/2024).

Hal itu diperkuat dengan pernyataan Hinsa Siburian Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang memastikan bahwa PDN yang saat ini dibangun oleh Pemerintah tidak memiliki hubungan dengan gangguan PDNS 2 yang mengalami serangan siber ransomware Braincipher.

Hinsa menyebutkan, PDN di Cikarang tidak terdampak karena pada dasarnya PDN tersebut masih belum dioperasikan dan pembangunannya belum selesai.

Meski demikian kasus serangan siber yang dialami di PDNS 2 akan dijadikan pembelajaran untuk pengelolaan pusat data dan para pemilik data di Indonesia mengingat serangan siber ini merupakan varian terbaru dari Lockbit 3.0 yang baru muncul baru-baru ini.

“Ini perlu diketahui sebagai cara untuk mengantisipasi hal serupa di tempat-tempat lain dan kami bisa sampaikan ke instansi dan tempat-tempat lain. ini juga sekaligus jadi lesson learn bagi kita memitigasi kemungkinan bisa terjadi. ini pentingnya. Ini sedang berproses dan kita sudah mengetahui jenis serangan ini,” kata Hinsa. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 1 Juli 2024
28o
Kurs