Jumat, 20 September 2024

Pemerintah Agendakan Serangkaian Kegiatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Jakarta dan IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pratikno Mensesneg (kedua dari kiri) memberikan keterangan pers terkait agenda di Bulan Kemerdekaan, Kamis (1/8/2024), di Gedung Kemensetneg, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Pratikno Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) mengatakan, peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan tahun 2024 akan menjadi momen istimewa dalam sejarah Indonesia.

Karena, upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia secara nasional akan digelar di dua lokasi, yaitu di Jakarta dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Selain simbol transisi kepindahan ibu kota, peringatan hari kemerdekaan tahun ini juga jadi penanda keberlanjutan pemerintahan yang baru.

Pernyataan itu disampaikan Pratikno dalam keterangan pers, pagi hari ini, Kamis (1/8/2024), di Gedung Utama Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat.

“Perayaan ini tidak hanya menandai peringatan hari kemerdekaan tetapi juga simbol transisi kepindahan ibu kota dan keberlanjutan pemerintahan yang baru,” ujarnya.

Mensesneg melanjutkan, ada sejumlah rangkaian kegiatan penting di bulan kemerdekaan.

Dimulai dengan Dzikir dan Doa Kebangsaan bersama para ulama dan pemimpin agama, diikuti sekitar tiga ribuan peserta, Kamis (1/8/2024) malam, di Halaman Istana Merdeka.

Lalu, Upacara Pengukuhan Paskibraka oleh Joko Widodo Presiden di IKN, Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan di Istana Negara Jakarta, dan Pidato Kenegaraan serta Penyampaian RAPBN dan Nota Keuangan, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Kemudian, Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Nasional Utama Kalibata, dipimpin Ma’ruf Amin Wakil Presiden, dan di Taman Kesuma Bangsa, Samarinda, Kalimantan Timur yang dipimpin Jokowi Presiden.

Selanjutnya, Upacara Detik-detik Proklamasi yang waktunya mengikuti Waktu Indonesia Barat. Tata Upacara Militer dilaksanakan di IKN, dipimpin Presiden sebagai Inspektur Upacara.

Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih diselenggarakan di IKN sesuai Waktu Indonesia bagian Tengah.

Selain agenda pokok tersebut, ada prosesi kirab pengiriman Duplikat Bendera Pusaka Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi, dari Monas menuju ke IKN.

Lebih lanjut, Mensesneg mengajak seluruh masyarakat, organisasi pemerintahan, organisasi sosial keagamaan, perusahaan swasta, serta KBRI dan kantor-kantor perwakilan Indonesia di luar negeri untuk memeriahkan Bulan Kemerdekaan dengan berbagai kegiatan yang menarik dan menggembirakan.

Pemerintah juga mengimbau masyarakat mulai mengibarkan Bendera Merah Putih selama satu bulan penuh sampai 31 Agustus, serta mempercantik bangunan dan jalan-jalan dengan ornamen HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia.

Seperti diketahui, tema HUT Kemerdekaan Indonesia tahun ini adalah Nusantara Baru Indonesia Maju.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs