Selasa, 17 September 2024

Pedro Sanchez Ajak Dunia Serukan Perdamaian untuk Palestina

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pedro Sanchez Perdana Menteri Spanyol. Foto: Antara

Pedro Sanchez Perdana Menteri Spanyol mengajak seluruh dunia serukan perdamaian Palestina dalam KTT NATO ke-75 di Washington, Amerika Serikat, Kamis (11/7/2024).

Selain itu, Sanchez juga menegaskan bahwa harus ada sikap politik yang konsisten dan tidak berstandar ganda dalam memberikan dukungan pada konflik internasional.

“Jika kami mengatakan kepada rakyat kami bahwa kami mendukung Ukraina karena kami berpijak pada hukum internasional, ini sama saja dengan apa yang harus kami lakukan terhadap Gaza,” kata Sanchez, seperti dilansir Antara.

Sanchez mengungkapkan, dunia harus bisa menghentikan krisis kemanusiaan yang mengerikan dan memberi dampak pada Palestina.

“Kita harus mewujudkan gencatan senjata yang mendesak dan segera,” tambah Sanchez.

Sementara itu, hingga kini jumlah kematian resmi sebagaimana dicatat otoritas kesehatan Gaza ada pada angka 38.200 orang.

Jumlah korban tewas lain sebagaimana disimpulkan kajian jurnal medis Inggris, The Lancet, Jumat (5/7/2024) lalu, mencakup ribuan orang yang diduga masih tertimbun reruntuhan bangunan dan ribuan lainnya yang meninggal akibat dampak sekunder konflik, seperti malnutrisi, terkena penyakit, dan kurangnya penanganan medis.

“Jumlah korban tewas yang dilaporkan kemungkinan lebih rendah (dari jumlah sebenarnya). Lembaga Airwars melakukan penilaian rinci terhadap insiden-insiden di Jalur Gaza dan mendapati tidak semua nama korban yang teridentifikasi ada dalam daftar (korban tewas) otoritas setempat,” demikian menurut kajian The Lancet yang dikutip Antara dari Anadolu.

“Terlebih, PBB memperkirakan bahwa hingga 29 Februari 2024, 35 persen bangunan di Jalur Gaza telah hancur, sehingga kemungkinan jumlah jenazah yang masih tertimbun di reruntuhan bangunan yang hancur cukup besar dan diperkirakan melampaui angka 10.000,” demikian tertulis dalam kajian itu. (ant/kir/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs