Kamis, 27 Juni 2024

PCNU Surabaya Bagikan Ribuan Paket Daging Kurban ke Warga Non Muslim

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
H Masduki Toha Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya (baju biru). Foto: PCNU Surabaya

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya merayakan Iduladha 1445 H/2024 dengan berbagi keberkahan. Ada sekitar ribuan paket daging hewan kurban disalurkan kepada warga muslim serta non muslim. Total ada 10 ekor sapi yang disembelih di rumah potong hewan (RPH).

H Masduki Toha Ketua PCNU Surabaya mengatakan, ada beberapa sapi kurban diperoleh dari pihak-pihak luar yang dipercayakan ke PCNU.

“Untuk yang (sapi) kurban ini kita bagikan kepada yang muslim, yang dititipkan itu kita bagikan kepada orang lain (non muslim),” ungkapnya dalam keterangan tertulis.

Dijelaskan Masduki, jika keputusan melibatkan warga non muslim mendapat daging kurban sudah dibicarakan dan direstui oleh para kiai di PCNU Surabaya.

“Makanya kita undang teman-teman dari non muslim untuk menyaksikan kebersamaan ini, bahwa kurban ini sebagian dari bersama-sama untuk kepentingan umat,” bebernya.

Sebelum proses pembagian daging kurban, lebih dulu PCNU Surabaya mengadakan doa bersama yang dihadiri pengurus MWCNU serta perwakilan umat non muslim.

Sementara itu, Pendeta Andri Purnawan Ketua I Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) Jawa Timur menyampaikan, momentum Idul Adha ini sebagai menjadi sarana untuk mempersatukan seluruh umat manusia sehingga punya kesetaraan.

“Kita juga berpartisipasi berkontribusi karena memang Indonesia ini kan mesti dirawat dalam kerukunan, bukan hanya kerukunan ketika ada masalah tetapi juga kerukunan itu dijaga dengan saling berbagi dan solidaritas,” kata dia.

Ia mewakili warga non muslim mengucapkan terima kasih kepada PCNU Surabaya karena selalu melibatkan pihaknya di setiap kegiatan-kegiatan keagamaan. Tentu, tujuannya tak lain ialah untuk menjaga dan merawat keberagaman.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 27 Juni 2024
28o
Kurs