Selasa, 17 September 2024

Pansel KPK Sebut Pendaftar Capim Perempuan Baru Satu Orang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: Antara

Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan jika pendaftar dari kalangan perempuan sangat minim.

Rezki Sri Wibowo, Anggota Pansel KPK di Makassar, Kamis (11/7/2024) mengatakan pendaftar calon pimpinan lembaga antirasuah hingga saat ini baru satu orang saja dari 79 orang yang telah mendaftar.

“Kami sangat menyayangkan karena pendaftar dari kaum perempuan ini masih sangat kurang. Padahal aktivis perempuan tidak sedikit di Indonesia,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Rezki Sri Wibowo mengatakan Indonesia tidak kekurangan aktivis perempuan dengan latar belakang dan visi pemberantasan korupsi yang baik, untuk kemajuan bangsa.

Karena itu, pihaknya mendorong para aktivis ataupun pegiat antikorupsi dari kalangan perempuan untuk mendaftarkan diri menjadi calon pimpinan dan membangun kualitas penegakan hukum yang lebih baik lagi.

Sebelumnya, pendaftaran capim dan calon dewas KPK dibuka selama 20 hari, yaitu pada 26 Juni hingga 15 Juli 2024. Artinya masa pendaftaran hanya tinggal empat hari lagi.

Untuk mendaftar sebagai capim dan calon dewas KPK, pendaftar harus terlebih dahulu membuat akun di laman https://apel.setneg.go.id/.

Nantinya setelah melalui proses pendaftaran dan tahapan seleksi lainnya, akan dipilih 10 nama capim dan 10 nama calon dewas KPK yang akan disampaikan kepada Joko Widodo Presiden, untuk kemudian diteruskan ke DPR RI. (ant/ala/bil/faz)

 

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs