Kamis, 19 September 2024

Palestina Desak DK PBB Berlakukan Sanksi terhadap Israel

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Serangan udara Israel terhadap kompleks sekolah Gaza yang menampung keluarga-keluarga terlantar menewaskan sekitar 100 orang. Foto: Reuters

Riyad Mansour Duta Besar Palestina untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak Dewan Keamanan PBB agar menjatuhkan sanksi kepada Israel di tengah serangan mematikan yang terus dilakukan oleh Israel terhadap warga sipil di Jalur Gaza.

“Israel terus merenggut nyawa manusia dan melakukan segala tindakan menyebarkan konflik ke Timur Tengah, ketika kita semua duduk di sini pada peringatan 75 tahun Konvensi Jenewa,” ujar Mansour dalam sidang Dewan Keamanan PBB pada Selasa (13/8/2024).

Dilansir dari Antara pada Rabu (14/8/2024), pertemuan itu diadakan atas inisiatif Aljazair, sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, untuk membahas serangan Israel ke sebuah sekolah di Gaza yang menyebabkan setidaknya 100 orang tewas.

“Biarkan saya nyatakan dengan jelas. Israel tidak peduli dengan kecaman Anda, Israel mengabaikan resolusi Anda, Israel bahkan tidak mendengarkan pendapat Anda,” kata Mansour, menyinggung Gilad Erdan Duta Besar Israel untuk PBB, yang justru memperhatikan ponselnya ketika Mansour berbicara.

Sambil menegaskan bahwa tidak ada yang dapat membenarkan tindakan Israel terhadap warga Palestina, Mansour menekankan bahwa yang terjadi di Gaza bukanlah tentang warga Israel yang disandera.

“Sudah sejak lama pemerintah Israel tidak peduli dengan mereka (para sandera),” ujarnya.

Mansour juga menuduh Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel memiliki prioritas-prioritas lain yang lebih mementingkan kepentingan pribadi.

“Berhentilah membayangkan Anda bisa berunding dengan pemerintah Israel sehingga mereka berhenti membunuh ribuan warga sipil, menyebabkan kelaparan, menyiksa tahanan, menjajah, dan merebut tanah kami, sementara Anda memohon kepada mereka, meminta mereka, menuntut mereka untuk berhenti,” lanjutnya.

Karena itu, Mansour meminta para anggota Dewan Keamanan PBB untuk tidak mengabaikan tugas mereka dan menggunakan semua instrumen yang dimiliki PBB untuk bertindak.

Mansour menekankan bahwa saatnya telah tiba untuk menjatuhkan sanksi kepada Israel atas kejahatan perang yang dilakukan.

“Kapan pemerintah Israel akan dimintai pertanggungjawaban atas tindakannya? Kapan kalian akan menegakkan keputusan dan hukum internasional kalian? Kalian harus memberikan sanksi terhadap para penjahat tersebut,” tegasnya.

Mansour juga mengumumkan bahwa Palestina akan membawa isu ini ke Majelis Umum PBB untuk memastikan bahwa majelis menjalankan tanggung jawabnya, serta memastikan bahwa keputusan Mahkamah Internasional benar-benar diterjemahkan dalam kemauan politik oleh PBB maupun negara-negara anggotanya guna mengakhiri tindakan ilegal Israel. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
34o
Kurs