Minggu, 15 September 2024

Pagi Ini, Paus Fransiskus Berkunjung ke Istana Kepresidenan Jakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Paus Fransiskus berpidato di depan umat saat ia tiba untuk audiensi umum mingguan di Vatikan pada 8 Juni 2022. Foto: Reuters Paus Fransiskus ketika berpidato di depan umat saat ia tiba untuk audiensi umum mingguan di Vatikan pada 8 Juni 2022. Foto: Reuters

Paus Fransiskus Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, hari ini, Rabu (4/9/2024), punya sejumlah agenda kegiatan dalam lawatannya ke Indonesia.

Agenda pertama, pukul 10.00 WIB, Paus Fransiskus akan bertemu Joko Widodo Presiden, di Istana Merdeka, Jakarta.

Selanjutnya, Pemimpin Umat Katolik yang punya nama asli Jorge Mario Bergoglio itu dijadwalkan bertemu para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat dan perwakilan masyarakat sipil, di Aula Istana Negara.

Lalu, sekitar pukul 11.30 WIB, Paus Fransiskus akan melakukan pertemuan pribadi dengan Anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura, Kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Sore harinya sekitar pukul 16.30 WIB, mantan Uskup Agung Buenos Aires itu akan melakukan pertemuan dengan para Rohaniawan Katolik, di Gereja Katedral Jakarta yang nama resminya Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga.

Kemudian, pada petang hari sekitar pukul 17.35 WIB, kaum muda dari Scholas Occurantes berkesempatan berjumpa Paus Fransiskus, di Youth Center Graha Pemuda Senayan.

Sebelumnya, Selasa (3/9/2024), Jokowi Presiden RI mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus merupakan momen bersejarah.

Paus Fransiskus menjadi Paus ketiga yang menjejakkan kakinya di Indonesia sesudah Paus Santo Paulus VI yang berkunjung tahun 1970, dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989.

Seperti diketahui, Paus Fransiskus terjadwal melakukan Perjalanan Apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura dari tanggal 2 sampai 13 September 2024.

Indonesia jadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam lawatannya ke kawasan Asia Pasifik.

Pemimpin Gereja Katolik Dunia kelahiran Argentina itu terjadwal berada di Indonesia selama tiga hari, dari tanggal 3 sampai 6 September 2024. (rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 15 September 2024
27o
Kurs