Rabu, 2 Oktober 2024

Netanyahu Janji Balas Serangan Rudal Iran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Orang-orang berlindung di balik kendaraan yang diparkir di sepanjang sisi jalan raya di Tel Aviv pada 1 Oktober 2024, saat rudal dari Iran bergerak menuju Israel. Foto: AFP

Iran meluncurkan rudal balistik ke Israel sebagai respons terhadap kampanye militer Israel yang menargetkan Hizbullah di Lebanon.

Dilansir dari Reuters, Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel menyatakan bahwa Iran, sebagai musuh bebuyutannya, akan menghadapi konsekuensi dari serangan tersebut.

“Iran membuat kesalahan besar malam ini dan akan membayarnya. Siapa pun yang menyerang kami, kami serang mereka,” ujar Netanyahu.

Sementara itu, Teheran memperingatkan bahwa setiap balasan akan berujung pada kehancuran besar-besaran yang semakin meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya perang yang lebih luas.

Israel melaporkan bahwa lebih dari 180 rudal diluncurkan dari Iran, dan sistem pertahanan udaranya diaktifkan untuk mencegat serangan tersebut.

Korps Garda Revolusi Iran mengklaim bahwa serangan ini merupakan balasan atas agresi Israel di Lebanon dan Gaza, termasuk pembunuhan para pemimpin militan, seperti Hassan Nasrallah pemimpin Hizbullah.

Menurut mereka, sekitar 90 persen rudal berhasil mengenai target di Israel. Meskipun tidak ada laporan tentang korban luka di Israel, satu orang dilaporkan tewas di Tepi Barat.

Kementerian Luar Negeri Iran menekankan bahwa operasi ini bersifat defensif dan ditujukan hanya pada fasilitas militer dan keamanan Israel. (saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 2 Oktober 2024
34o
Kurs