Sabtu, 5 Oktober 2024

Netanyahu Dicurigai Pengaruhi Pilpres AS, Biden Mengaku Tak Tahu

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel (kanan) bersama Donald Trump ketika memberikan pernyataan ke awak media di Gedung Putih di Washington pada 28 Januari 2020. Foto: Reuters

Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS), pada Jumat (4/10/2024), mengaku tidak tahu soal kecurigaan bahwa Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel mencoba memengaruhi pemilihan presiden di AS.

“Apakah dia mencoba memengaruhi pemilu, saya tidak tahu, tetapi saya tidak memikirkan hal itu,” kata Biden kepada wartawan saat kunjungan pertamanya ke ruang konferensi pers di Gedung Putih, yang dilansir Antara, Sabtu (5/4/2024).

Menurut laporan media Amerika, jajaran Partai Demokrat khususnya Chris Murphy Senator menyatakan kekhawatirannya bahwa Netanyahu, dengan kebijakan kerasnya di Timur Tengah, akan menguntungkan Donald Trump, kandidat capres dari Partai Republik.

Kebijakan keras yang dijalankan PM Israel akan membuka peluang bagi Trump untuk menuding Biden tidak mampu menyelesaikan konflik di Timur Tengah.

“Saya tentu khawatir Netanyahu PM mengamati pemilu Amerika saat dia mengambil keputusan mengenai pergerakan militernya di bagian utara Jalur Gaza,” kata Murphy dalam wawancara dengan CNN.

“Saya harap ini tidak benar, tetapi ada kemungkinan bahwa pemerintah Israel tidak akan menandatangani perjanjian diplomatik apa pun sebelum pemilu Amerika, sebagai cara yang berpotensi untuk mencoba memengaruhi hasil pemilu,” katanya, menambahkan.

Pemerintahan Biden telah melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan konflik di Gaza dan Lebanon melalui kesepakatan gencatan senjata, tetapi sejauh ini tidak berhasil. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 5 Oktober 2024
33o
Kurs