Rabu, 16 Oktober 2024

Muzani Terima Pesan Try Sutrisno Agar Jaga Kuat Dasar-Dasar Negara

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ahmad Muzani Ketua MPR RI bersama Try Sutrisno Wakil Presiden ke-6 Republik Indonesia. Foto: Antara.

Ahmad Muzani Ketua MPR RI menerima pesan dari Try Sutrisno wakil presiden ke-6 Republik Indonesia agar MPR RI menjaga sekuat-kuatnya dasar negara, yakni Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Muzani mengatakan, sosok wakil presiden pada era Presiden Soeharto itu meminta agar dasar-dasar negara itu tidak boleh digeser dengan alasan apa pun. Ia pun memastikan hal itu bakal menjadi komitmen MPR RI.

“Beliau meminta agar Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tidak digantikan oleh apa pun dengan alasan apa pun,” kata Muzani setelah bertemu dengan Try Sutrisno dalam rangka Silaturahmi Kebangsaan di kediamannya, Jalan Purwakarta, Jakarta, Rabu (16/10/2024) dilansir Antara.

Selain itu, menurutnya sistem presidensial yang kini ada di Indonesia juga diminta oleh Try Sutrisno agar tetap dipertahankan.

Muzani juga menyebut, Try Sutrisno sangat concern terhadap kondisi saat ini, khususnya supaya sistem penyelenggaraan negara dan pemerintahan kembali kepada tujuan bernegara.

Di samping itu, ia mengatakan bahwa amendemen selanjutnya diminta untuk betul-betul dipertimbangkan karena amendemen kelima harus betul-betul menjadi penyempurnaan dan penguatan.

“Kami mendoakan mudah-mudahan Pak Try sehat terus dan terus memberikan pencerahan kepada kami semuanya,” ujarnya.

Muzani dalam pertemuan itu menyampaikan surat undangan untuk menghadiri acara Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024—2029.

Ia mengatakan bahwa Try Sutrisno bakal menghadiri agenda pelantikan itu pada tanggal 20 Oktober mendatang. (ant/nis/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 16 Oktober 2024
31o
Kurs