Minggu, 8 September 2024

Mulai Hari Ini, Pemkot Surabaya Kerahkan 1 Nakes di Tiap RW untuk Skrinning sampai Obati Warga

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya saat diwawancarai awak media usai launching RW 1 Nakes 1 di Balai RW 5 Jalan Manyar Rejo, Rabu (17/7/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mulai hari ini, Rabu (17/7/2024), mengerahkan satu tenaga kesehatan (nakes) di setiap balai RW untuk konsultasi, skrinning, hingga mengobati warga.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, upaya ini untuk memfasilitasi pengobatan ringan tanpa harus antre di fasilitas pelayanan kesehatan puskesmas dan rumah sakit.

“Kalau sakit sedikit langsung datang atau chat ke nakes agar direspons, disampaikan ke dokter, dan obat dikirim ke balai RW,” katanya usai launching RW 1 Nakes 1 di Balai RW 5 Jalan Manyar Rejo, Rabu (17/7/2024).

Ketersediaan nakes di tiap balai RW, sambungnya, juga melanjutkan program puskesmas pembantu dengan Integrasi Layanan Primer (ILP) di semua kelurahan yang diresmikan beberapa waktu lalu.

“Harapannya bisa meningkatkan harapan hidup orang Surabaya, dan harapan sehat orang Surabaya semakin lama,” imbuhnya.

Sementara Nanik Sukristina Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya menambahkan, ada 1.177 balai RW dengan total tenaga kesehatan mencapai 1.400 orang yang terdiri dari gabungan beberapa organisasi.

“1.177 balai RW di seluruh Kota Surabaya, nakes yang terlibat, tenaga bidan perawat di puskesmas, kemudian tenaga perbantuan dari IDI, tenaga perawat dari PPNI. Ini tetap di bawah kendali dokter di puskesmas,” paparnya.

Sedangkan jenis pelayanan kesehatan di balai RW, lanjut Nanik, merupakan pelayanan dasar. “Konsultasi kesehatan, skrinning, dan pengobatan dasar,” tandasnya. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs