Minggu, 8 September 2024

Mini Bootcamp Jago Tampil Bantu Temukan Minat Bakat dan Asah Kemampuan Public Speaking

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sastra Budiharja Manager Petra Career Center dari Petra Christian University (PCU) berbincang dengan peserta Mini Bootcamp “Jago Tampil” dari Suara Surabaya Academy, Rabu (10/7/2024). Foto: Dukut Suarasurabaya.net

Puluhan peserta mengikuti tes minat bakat di Mini Bootcamp Jago Tampil Suara Surabaya Academy, Rabu (10/7/2024), di Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya, Jawa Timur.

Dalam tes minat bakat yang dilakukan pada sesi pertama pelatihan, peserta dibimbing oleh Sastra Budiharja Manager Petra Career Center Petra Christian University (PCU) untuk memetakan kesukaan mereka.

“Kalau bicara soal minat aja mudah. Tapi kalau dicerna dengan kerangka teori, maka bisa membantu peserta di masa mendatang,” terang Sastra Budiharja ditemui suarasurabaya.net seusai memberikan materi di Mini Bootcamp Jago Tampil.

Sastra juga menjelaskan, hasil tes minat bakat biasanya beragam. Tidak selalu muncul satu aspek saja yang paling dominan.

“Kadang dalam tes, muncul grafik yang nilai dominannya ada tiga. Ada juga hasil yang datar dan cenderung rata,” ungkapnya.

Terkait itu, Sastra mengatakan wajar bila usia anak SMP hingga SMA masih kesulitan menemukan minat mereka. Maka, di sinilah peran orang tua dibutuhkan.

“Orang tua harus mendorong dan memberi support anak-anak untuk eksplor banyak hal. Karena, kadang kita hanya belum mencoba. Jadi nggak tahu minatnya apa,” jelas Sastra.

Sastra Budiharja Manager Petra Career Center dari Petra Christian University (PCU) memberikan materi tentang tes minat dan bakat dalam Mini Bootcamp “Jago Tampil” dari Suara Surabaya Academy, Rabu (10/7/2024). Foto: Dukut Suarasurabaya.net

Kalau sudah mencoba menemukan minat dan bakat, baik orang tua maupun anak, harus berkomunikasi. Sehingga, anak bisa tau mereka sukanya di mana, dan orang tua bisa support minat anak itu.

Sementara itu, Gita peserta dari SMAN 1 Sidoarjo mengatakan, kemampuan public speaking perlu dipelajari. Sebab, di masa Kurikulum Merdeka, banyak tugas yang harus mereka presentasikan.

“Kami butuh bagaimana cara ngomong di depan publik, biar orang mau memperhatikan kita, supaya kita nggak kesusahan untuk menyampaikan pesan,” tuturnya.

Untuk diketahui, peserta Mini Bootcamp Jago Tampil hari ini mendapat empat materi seperti, minat bakat, public speaking, basic script writing, dan fashion style.

Mini Bootcamp Jago Tampil berlangsung sampai Kamis (11/7/2024). Pada hari kedua nanti, peserta akan tampil dan mempraktikkan teori yang mereka dapat hari ini.(kir/saf/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs