Selasa, 8 Oktober 2024

Menteri PANRB Sebut Jokowi Perintahkan ASN Pindah ke IKN Nusantara pada Januari 2025

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI bersama Prabowo Subianto presiden terpilih pada Pemilu 2024 berbincang di halaman Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024). Foto: Antara

Abdullah Azwar Anas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyebut bahwa Joko Widodo Presiden RI memerintahkan aparatur sipil negara (ASN) pindah ke IKN Nusantara pada Januari 2025.

“Semalam saya dapat perintah dari Bapak Presiden melalui Pak Pratikno dapat perintah pada bulan Januari ASN pindah ke IKN,” kata Anas dilansir dari Antara pada Selasa (8/10/2024).

Sebelumnya, pemindahan ASN ke IKN direncanakan pada bulan September 2024. Namun, hingga awal bulan Oktober belum juga dilaksanakan pemindahan ASN ke IKN.

“Tadinya September ke Oktober, arahan presiden bukan soal apa tadi Pak Menteri PUPR yang juga Kepala OIKN tadi sampaikan sudah selesai. Akan tetapi, diminta ekosistemnya dibereskan,” ujarnya.

Untuk itu, Anas mengatakan bahwa pihaknya akan segera menyiapkan skema pemberangkatan ASN ke IKN hingga insentifnya.

“Kami ini mau selesai, tetapi tugasnya tambah terus di ujung-ujung ini berarti lembur lagi Pak Aba nanti malam. Tadi malam kami sudah lembur juga dengan teman-teman semuanya,” jelas Anas.

Sebelumnya pada Jumat (4/10/2024) lalu, Suharso Monoarfa Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengatakan, pemindahan ASN ke IKN Nusantarasudah mengalami keterlambatan dari jadwal.

“Ya sebenarnya sudah terlambat, kalau menurut jadwal, ya penyusunannya di master schedule pemindahan ASN kita sudah agak sedikit terlambat,” kata Suharso. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 8 Oktober 2024
30o
Kurs