Sabtu, 14 September 2024

Mentan: Badan Pangan Dunia Melihat Potensi Luar Biasa dari Program Makan Bergizi Gratis

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Andi Amran Sulaiman Menteri Pertanian (Mentan) memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (30/8/2024). Foto: Antara

Andi Amran Sulaiman Menteri Pertanian (Mentan) menilai Badan Pangan Dunia (Food and Agriculture Organization/FAO) melihat potensi yang luar biasa dari program makan bergizi gratis (MBG) yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal itu disampaikan Mentan usai Qu Dongyu Direktur Jenderal FAO menyerahkan penghargaan tertinggi bidang pangan kepada Joko Widodo Presiden di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/8/2024).

“Beliau melihat potensi Indonesia luar biasa, itu yang dilihat. Beliau katakan Insya Allah ke depan ini bisa lebih baik daripada sekarang. Itu yang disampaikan FAO,” kata Mentan di Istana Kepresidenan Jakarta, yang dilansir Antara.

Saat ditanya lebih lanjut soal program makan bergizi gratis dengan FAO, Amran mengatakan, pembahasan tersebut sudah dilakukan secara tersirat.

Oleh karena itu, dia fokus untuk mendorong pertanian pangan, baik tanaman hortikultura, perkebunan, peternakan, hingga perikanan untuk menyukseskan program makan bergizi gratis.

Di sisi lain, Mentan menambahkan bahwa FAO tidak memberikan catatan khusus untuk progam makan bergizi gratis yang akan dijalankan di pemerintahan selanjutnya.

“Alhamdulilah, enggak (ada catatan),” kata dia.

Dalam kesempatan sebelumnya, Mentan mengatakan Kementeriannya siap memberikan dukungan penuh terhadap program makan bergizi gratis yang direncanakan oleh pemerintahan baru 2024-2029.

Amran menyampaikan dukungan ini mencakup upaya peningkatan produksi daging dan kerja sama dengan pengusaha besar untuk proses hilirisasi.

“Persiapan itu di antaranya meningkatkan produksi daging maupun proses hilirisasi yang dikerjasamakan dengan para pengusaha besar,” ujarnya.

Menurut dia, keterlibatan pengusaha juga sangat penting untuk mempercepat pelaksanaan program yang diinginkan presiden terpilih.

Meskipun begitu, dia berharap adanya penambahan anggaran bagi Kementerian Pertanian sebesar Rp68 triliun. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 14 September 2024
29o
Kurs