Senin, 14 Oktober 2024

Menhub Kerahkan KNKT untuk Investigasi Kecelakaan Speedboat di Malut

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Speedboat Bela 72 yang membawa rombongan Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Malut Nomor Urut 4 Benny Laos - Sabrin Sehe bersama tim saat terbakar di Pelabuhan regional Bobong Desa Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu. Foto: Antara/Istimewa

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) menugaskan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menyelidiki penyebab kebakaran speedboat di Maluku Utara yang menewaskan sejumlah penumpang.

Kecelakaan tragis tersebut melibatkan speedboat Bela 72 yang mengangkut rombongan Benny Laos dan Sabrin Sehe calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Basarnas. Prioritas utama adalah penyelamatan penumpang,” ujar Budi Karya dilansir dari Antara pada Minggu (13/10/2024).

Budi Karya mengonfirmasi bahwa sebagian penumpang berhasil diselamatkan, namun sayangnya ada korban jiwa, termasuk Benny Laos.

Budi Karya menekankan pentingnya investigasi menyeluruh untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

“Kami akan menurunkan KNKT untuk bekerja sama dengan kepolisian agar dapat memahami faktor-faktor penyebab kecelakaan ini,” katanya.

Kejadian ini, menurut Menhub, menjadi peringatan penting bagi pengoperasian kapal cepat di Maluku Utara. “Meski banyak kapal cepat beroperasi di wilayah tersebut, aspek keselamatan harus tetap menjadi prioritas utama,” tambahnya.

Budi Karya juga menyarankan perlunya penataan ulang, termasuk dalam hal perizinan dan keselamatan operasional kapal. “Kita perlu memastikan bahwa keamanan penumpang diutamakan dalam setiap pergerakan kapal,” tegasnya. (ant/saf/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 14 Oktober 2024
30o
Kurs