Senin, 28 Oktober 2024

Mendikdasmen : Peringatan Sumpah Pemuda Sarana Penguatan Jati Diri Bangsa Lewat Bahasa

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Abdul Mu'ti Mendikdasmen saat menjadi pembina upacara dalam rangka hari Sumpah Pemuda di Kantor Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) di Jakarta, Senin (28/10/2024). Foto : istimewa

Sumpah Pemuda merupakan peristiwa ketika para pemuda mengumandangkan kedaulatan Indonesia. Setiap tanggal 28 Oktober Sumpah Pemuda diperingati sebagai salah satu tonggak penting dalam perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan.

Abdul Mu’ti Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) mengatakan, satu bangsa dan satu tanah air Indonesia merupakan deklarasi kedaulatan politik.

Pernyataan menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan menegaskan kedaulatan budaya dan identitas bangsa yang majemuk.

“Bahasa menunjukkan bangsa.” Pepatah itu mengandung pengertian bahwa bahasa bukanlah sekadar alat komunikasi. Bahasa adalah identitas, jati diri, dan kepribadian bangsa.

“Keindonesiaan kita salah satunya diukur dari kebanggaan, komitmen, dan kemahiran berbahasa Indonesia,” ujar Abdul Mu’ti saat menjadi pembina upacara dalam rangka hari Sumpah Pemuda di Kantor Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) di Jakarta, Senin (28/10/2024).

Dalam upacara tersebut, Abdul Mu’ti mengenakan busana Melayu Kalimantan Barat.

Kata dia, dalam konteks Sumpah Pemuda, bahasa Indonesia adalah sarana perjuangan untuk meraih kemerdekaan.

Pada masa sekarang dan akan datang, bangsa Indonesia memiliki tanggung jawab bersama menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama di negeri sendiri dengan tetap melestarikan bahasa daerah dan terbuka terhadap bahasa asing sebagai konsekuensi pergaulan antarbangsa.

“Diperlukan kedisiplinan untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di forum-forum resmi, dokumen resmi negara, lembaga-lembaga pemerintah, media, karya ilmiah, karya seni, karya sastra, dan sebagainya,” tegasnya. (faz/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 28 Oktober 2024
38o
Kurs