Jumat, 20 September 2024

Masyarakat Pesisir Surabaya Waspada Banjir Rob Sampai 7 Agustus

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kondisi Dermaga Kalimas Surabaya setelah diterjang banjir rob. Salah seorang netter mengirimkan foto kondisi dermaga pada Jumat (28/5/2021) pagi. Foto: Twitter/hokilukito

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya meminta masyarakat pesisir mewaspadai potensi terjadinya banjir rob sampai tanggal 7 Agustus 2024.

Imbauan tersebut berdasarkan peringatan BMKG Tanjung Perak tentang adanya gelombang tinggi yang berpotensi mengakibatkan banjir rob.

Wilayah pesisir yang berpotensi terdampak yaitu di Surabaya utara pasang maksimum mencapai 130 – 140 centimeter pada tanggal 3-6 Agustus 2024 pukul 09.00 – 12.00 WIB. Kemudian wilayah Surabaya barat, termasuk Gresik, Lamongan, dan Tuban pasang maksimum mencapai 130 – 140 centimeter pada tanggal 2-7 Agustus 2024 pukul 23.00 – 01.00 WIB.

Selain upaya pemerintah melalui BPBD, masyarakat juga memiliki peran penting dalam menghadapi banjir rob. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kesadaran dengan selalu mengikuti informasi terkini tentang prakiraan cuaca dan peringatan dini banjir rob.

Mempersiapkan diri dengan menyiapkan perlengkapan darurat seperti senter, radio, obat-abatan dan makanan. Menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan agar tidak menyumbat saluran drainase.

Serta berpartisipasi dalam kegiatan penanggulangan bencana seperti aktif dalam kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan dan mengikuti pelatihan penanggulangan bencana.(iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs