Kamis, 4 Juli 2024

Masjidil Haram Kembali Dipadati Jemaah yang Laksanakan Tawaf Perpisahan

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Puluhan ribu jemaah yang melaksanakan Tawaf perpisahan memadati Masjidil Haram, Minggu (23/6/2024) pagi waktu Saudi. Foto: Restu suarasurabaya.net

Setelah puncak haji, Masjidil Haram kembali dipadati oleh puluhan ribu jemaah haji yang melaksanakan tawaf wada atau tawaf perpisahan sebelum kembali ke negara masing-masing, Minggu (23/6/2024) pagi waktu Saudi.

Pantauan suarasurabaya.net, meskipun tampak lelah karena berdesak-desakan, jemaah haji terlihat sangat senang karena telah memenuhi impian mereka, yaitu menunaikan rukun Islam yang kelima, yakni ibadah haji.

Jemaah haji memadati halaman sekitaran Ka’bah atau pelataran Ka’bah yang berkapasitas 70.000 jemaah per jamnya. Ribuan jamaah di lantai dua menggunakan kursi roda untuk melakukan tawaf wada’. Demikian dengan lantai empat juga terlihat padat dengan jemaah yang menggunakan skuter untuk melakukan tawaf.

Masjidil Haram sendiri memiliki 176 gerbang termasuk pintu masuk di lantai pertama dan kedua untuk mengakomodir tumpahnya jemaah haji di dalam masjid. Selain itu, terdapat 18 pintu khusus untuk peziarah yang berkebutuhan khusus.

Ribuan petugas juga tampak mengatur aliran jemaah di pintu gerbang. Ada 6.000 pekerja yang disebar di sekitaran masjid untuk memandu para peziarah, termasuk mengatur arus keluar masuknya jemaah haji.

Tidak seorang pun diizinkan untuk duduk atau berdiri di bagian yang mengarah ke maktab, hampir sama dengan di tempat sa’i. Pamflet dalam berbagai bahasa juga disebarkan kepada jemaah haji untuk memberikan informasi mengenai ibadah yang bisa dilakukan.

Petugas pertahanan sipil juga diperbantukan. Terpantau beberapa kali kepolisian menggunakan senjata lengkap ikut berjaga-jaga di luar wilayah Masjidil Haram, termasuk petugas kesehatan yang tersebar di sekitar 30 titik di halaman sekitaran Ka’bah, tempat pelaksanaan sa’i, dan pelataran Masjidil Haram.

Sebagai informasi, jumlah jemaah haji yang terdaftar tahun ini diperkirakan mencapai angka 2.927.717 orang, meningkat lima persen dibanding tahun sebelumnya.

Jemaah haji akan kembali ke Tanah Air masing-masing melalui Bandara King Abdul Aziz di Jeddah. Jamaah haji dari Indonesia nantinya juga akan kembali melalui bandara ini dengan bantuan ribuan petugas atau karyawan yang diperbantukan untuk pemulangan jemaah haji. (rst/bil/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 4 Juli 2024
27o
Kurs