Sabtu, 6 Juli 2024

Masifkan Penggunaan Energi Bersih, PLN Ajak Pemkab Sumenep Pakai REC

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Achmad Fauzi Bupati Sumenep secara simbolis menerima piagam kolaborasi dengan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Madura untuk penggunaan energi bersih. Foto: PLN

PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Madura mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggunakan Renewable Energy Certificate (REC), sebagai upaya memasifkan penggunaan energi bersih mendukung Net Zero Emission pada 2060.

Hal ini diwujudkan dengan penyerahan 500 unit REC dari Fahmi Fahresi Manager PLN UP3 Madura, kepada Achmad Fauzi Bupati Sumenep dalam kegiatan Madura EV Day.

Penyerahan REC ini menjadikan Pemkab Sumenep sebagai pengguna REC terbanyak di kategori pelanggan pemerintah. Sekaligus, menunjukkan komitmen kuat Pemkab Sumenep dalam transisi menuju energi yang lebih ramah lingkungan.

REC sendiri adalah salah satu inovasi produk hijau yang dimiliki PLN untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan pengakuan atas penggunaan EBT yang diakui secara internasional. Setiap sertifikat REC membuktikan bahwa listrik per megawatt hour (MWh) yang digunakan pelanggan berasal dari pembangkit EBT atau non fosil.

Achmad Fauzi Bupati Sumenep menyampaikan terima kasih atas dukungan ini, karena Pemkab dapat mengambil bagian dalam penggunaan energi bersih.

“Pemerintah Sumenep terus mendukung program pemerintah dalam menggunakan energi ramah lingkungan. Penyerahan REC ini akan menjadi langkah awal dalam mewujudkan target emisi nol bersih di Kabupaten Sumenep,” ujar Fauzi.

Selain penyerahan REC, PLN UP3 Pamekasan juga menggelar kegiatan penanaman pohon di sekitar Kantor Bupati Sumenep. Kegiatan ini diikuti oleh jajaran manajemen PLN UP3 Madura, pejabat Pemkab Sumenep, dan masyarakat setempat.

Penyerahan REC dan kegiatan penanaman pohon ini merupakan bukti nyata komitmen PLN dan Pemkab Sumenep dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian bumi.

Komitmen PLN untuk menggandeng seluruh stakeholder terlibat dalam penggunaan energi bersih turut disampaikan Agus Kuswardoyo General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur.

Sosialisasi mengenalkan layanan REC juga dilakukan oleh PLN UP3 Surabaya Utara kepada pelanggan prioritas pada, Selasa (2/7/2024) dan PLN UP3 Ponorogo pada acara Grebeg Suro 2024 pada, Minggu (30/6/2024) lalu. Sebelumnya Pemkab Trenggalek telah melakukan pembelian 400 unit REC dari rencana pembelian 715 Unit.

“Bahwa produk layanan REC ini berasal dari pembangkit hijau dan dapat mendukung produktivitas masyarakat sekaligus mendukung aksi pemerintah mencapai Net Zero Emission 2060. Harapannya semakin banyak masyarakat, pemerintah maupun stakeholder lainnya beralih menggunakan energi hijau ini,” pungkas Agus. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 6 Juli 2024
29o
Kurs