Minggu, 7 Juli 2024

Ma’ruf Amin Dorong Budi Daya Perikanan Ekonomi Biru dalam Asian-Pacific Aquaculture

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ma'ruf Amin Wapres RI didampingi Sakti Wahyu Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan mengunjungi sejumlah booth pada pameran akuakultur APA 2024 di Surabaya, (4/7/2024). Foto: Dok. Kementerian Kelautan dan Perikanan

K.H Ma’ruf Amin Wakil Presiden (Wapres) RI mendorong pengembangan budi daya perikanan berkelanjutan berbasis ekonomi biru guna mendukung pemenuhan kebutuhan pangan global.

Pesan itu disampaikan Ma’ruf waktu menghadiri opening ceremony Asian-Pacific Aquaculture (APA) 2024 di Surabaya, Jawa Timur pada, Kamis (4/7/2024).

Ma’ruf menyebut, kawasan Asia-Pasifik memiliki keanekaragaman hayati laut yang berpotensi memenuhi kebutuhan pangan dan menyumbang lima persen dari ekonomi global.

Hal tersebut, kata Wapres RI, menjadikan kawasan Asia-Pasifik bukan hanya menjadi pasar namun juga produsen perikanan global. “Kekayaan laut ini sebagai peluang bagi perekonomian,” kara Ma’ruf di Surabaya.

Menurut Ma’ruf, untuk merealisasikan budi daya berkelanjutan berbasis ekonomi biru itu harus diikuti dengan inovasi teknologi, penguatan riset dan perekayasaan teknologi, dan pertukaran informasi serta berbagi hasil penelitian dan inovasi.

“Untuk mengoptimalkan potensi ini, perlu penguatan kerja samaantar negara Asia Pasifik”, tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Sakti Wahyu Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan, menyatakan gelaran gelara APA 2024 ini diharap dapat mendorong penguatan usaha perikanan budi daya di Indonesia dan Negara Asia Pasifik.

Dalam pengembangan perikanan budi daya, Trenggono juga mengingatkan pentingnya memperhatikan aspek ekologi agar tidak merusak ekosistem.

“Untuk itu kita mendorong berbagai inovasi teknologi dalam mengembangkan perikanan budi daya yang mandiri dan berkelanjutan,” ujarnya.

Selain itu, Trenggono juga berharap forum ini menjadi kesempatan penguatan investasi di sektor perikanan budi daya.

“Forum menjadi kesempatan bagi stakeholder baik dalam dan luar negeri untuk bekerja sama dan berkolaborasi membangun jejaring bisnis perikanan budi daya”, tandasnya. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 7 Juli 2024
31o
Kurs