Sabtu, 14 September 2024

Malik Risaldi Pemain Persebaya Kuliah Manajemen di UM Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Malik Risaldi pemain Persebaya saat resmi mendaftar sebagai mahasiswa di UM Surabaya, Rabu (28/8/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Malik Risaldi pemain Persebaya Surabaya resmi mendaftar kuliah di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya dengan mengambil jurusan manajemen di Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) pada Rabu (28/8/2024).

Pemain lokal tersubur di Liga 1 musim lalu itu, mendapat beasiswa atlet penuh. Malik akan menjalani kuliah dengan kurikulum yang disesuaikan dengan atlet lainnya yang ada di kampus tersebut.

Malik mengaku dapat informasi kuliah dari rekan-rekannya sesama pemain bola yang sedang menjalani kuliah di UM Surabaya.

“Dapat infonya dari teman-teman, katanya di UM Surabaya kurikulumnya mudah pembelajarannya fleksibel, makanya saya tertarik,” kata pemain yang pernah dipanggil Shin Tae Yong untuk menjalani kualifikasi Piala Dunia tersebut.

Ia juga telah menyiapkan pembagian waktu antara bermain bola untuk Persebaya di Liga 1 dan waktu untuk kuliah.

“Ke depannya saya akan menjaga komunikasi agar perkuliahan bisa lancar bagaimanaca cara KRS dan lain sebagainya,” ucapnya.

Malik mengatakan bahwa pendidikan sangat penting. Menurutnya, pendidikan yang ditempuh saat ini akan sangat bermanfaat di kemudian hari, apalagi ia paham bahwa berkarir sebagai pemain bola tidak bisa selamanya.

Dalam kesempatan itu, Malik juga mengaku jika nanti pensiun dari dunia sepak bola, ia ingin untuk menggeluti dunia usaha, oleh karena itu ia memilih jurusan manajemen.

Sementara itu, Sukadiono Rektor UM Surabaya mengatakan bahwa seorang atlet seringkali dihadapakan pada pilihan untuk memilih antara pendidikan atau karirnya. Hal itu terjadi karena persoalan waktu, mengigat jadwal latihan atlet adalah kegiatan utama.

“Maka dari itu UM Surabaya terus berkomitmen untuk mendukung atlet-atlet yang berprestasi, tidak hanya dukungan pada karir profesional tetapi juga dalam lingkup akademik,” ucapnya.

Dukungan tersebut, kata dia, diwujudkan melalui pemberian beasiswa atlet dengan dibebaskan biaya pendidikan secara penuh serta kurikulum yang lebih fleksibel, yakni menyesuaikan aktivitas latihan atlet, sehingga perkuliahannya tidak terganggu.

“Jadi tidak harus datang ke kampus belajar tatap muka. Tapi diberikan kurikulum yang memungkinkan mereka belajar dari mana saja, baik secara daring maupun penugasan,” tuturnya.

Seperti diketahui, Malik Risaldi menjadi atlet ke-54 yang kuliah di UM Surabaya. Malik menyusul beberapa pemain sepak bola lainnya, yakni Rizky Ridho, Komang Teguh dan juga Ikhsanul Zikrak. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 14 September 2024
27o
Kurs