Jumat, 27 September 2024

LMI dan Ratusan Pesepeda Gelar Aksi 1.000 KM Ride For Palestine Menuju Kantor Kemenlu

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Pegiat sepeda dan pihak LMI saat foto bersama di depan Masjid Al Akbar Surabaya sebelum keberangkatan dalam rangka 1.000 kilometer Ride For Palestine, Kamis (29/8/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Lembaga Manajemen Infaq (LMI) bersama ratusan pesepda dari berbagai kota menggelar aksi 1.000 kilometer Ride For Palestine dengan tujuan finish di Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Jakarta.

Masjid Al-Akbar Surabaya menjadi salah satu titik keberangkatan aksi kemanusiaan yang digelar LMI. Perwakilan dari Kota Surabaya sendiri ada tujuh pesepeda yang dikawal 20 pesepeda lain, mereka mulai berangkat pukul 07.00 WIB, Kamis (29/8/2024).

Guritno Direktur Pendayagunaan LMI mengatakan, aksi 1.000 kilometer Ride For Palestine ini dijadwalkan tuntas selama tujuh hari.

“Gerakan 1.000 KM Ride For Palestina dilakukan secara langsung dari Surabaya menuju Jakarta rencananya finish di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) tanggal 4 september selama tujuh hari menempuh tujuh etape,” kata Guritno ditemui di Masjid Al-Akbar.

Peserta pesepeda LMI dalam kegiatan 1.000 kilometer Ride For Palestine sebelum diberangkatkan, Kamis (29/8/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Ride For Palestina merupakan suara perdamaian dari para pesepeda dari Aceh hingga Timika Papua. Rute aksi ini akan melintasi sejumlah kota seperti Madiun, Jogjakarta, hingga finish di Jakarta.

Selain bisa mengikuti aksi secara langsung, para pesepeda juga bisa berkontribusi secara virtual dengan jarak tempuh yang ditentukan oleh pihak LMI.

“Ada yang dilakukan secara virtual, di mana saja, di luar negeri juga bisa dengan menempuh jakar 36 kilometer itu 1/10 nya luas Gaza kemudian 125 kilometer itu luas Yerusalem Al Quds tempat masjid al aqsa berada, dan menempuh jarak 360 kilometer itu luasnya Gaza yg hari ini dibombardir oleh tentara israel, kenapa kita adakan ini? Karena kepedulian umat manusia,” ungakpnya.

Guritno menyebut, aksi kemanusiaan dengan cara bersepeda untuk Palestina ini merupakan yang pertama kalinya. Para peserta nantinya juga memberikan donasi untuk disalurkan ke Palestina.

“Sampai saat ini donasi sudah mencapai sekitar Rp50 juta lebih, tidak menutup kemungkinan akan bertambah karena masih kami buka,” tuturnya.

Kemudian, sesampainya di Jakarta, para pesepeda dan pihak LMI ini akan berdiskusi dan mendorong Kemenlu supaya lebih pro aktif membantu kemerdekaan Warga Palestina.

“Kita menyampaikan dukungan moral secara lebih kuat lagi kepada Kemenlu kepada Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan diplomasi keterlibatan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina,” tandas Guritno. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 27 September 2024
30o
Kurs