Minggu, 22 September 2024

Lebanon Desak Masyarakat Internasional Ambil Sikap Tegas terhadap Israel

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sebuah ambulans tiba di rumah sakit saat lebih dari 1.000 orang, termasuk pejuang dan medis Hizbullah, terluka ketika pager yang mereka gunakan untuk berkomunikasi meledak di seluruh Lebanon, menurut sumber keamanan, di Beirut, Lebanon, 17 September 2024. Foto: Reuters

Najib Mikati Perdana Menteri Lebanon mendesak masyarakat internasional untuk bersikap tegas terhadap pembantaian mengerikan Israel di Lebanon.

“Sebenarnya saya berniat ke New York sebagai bagian dari upaya diplomatik Lebanon dalam Sidang Umum PBB untuk menghentikan agresi Israel yang sedang berlangsung terhadap Lebanon dan pembantaian yang dilakukan oleh musuh,” kata Mikati dilansir dari Antara, Minggu (22/9/2024).

Namun, mengingat perkembangan terbaru terkait agresi Israel di Lebanon, Najib Mikati memutuskan untuk membatalkan perjalanan tersebut

“Saat ini tidak ada prioritas yang lebih penting daripada menghentikan pembantaian yang dilakukan oleh musuh Israel dan berbagai jenis perang yang dilancarkannya,” kata Mikati.

Perdana menteri Lebanon itu menyerukan kepada “masyarakat internasional dan siapapun yang memiliki rasa kemanusiaan untuk bersikap tegas terkait pembantaian yang mengerikan, dan memberlakukan hukum internasional guna melindungi perangkat teknologi masyarakat umum agar tidak menjadi sasaran serangan.”

Sedikitnya 37 orang, termasuk anak-anak dan perempuan, meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka dalam sebuah serangan udara mematikan oleh Israel di daerah pinggiran selatan Beirut pada Jumat.

Hizbullah mengonfirmasi bahwa sedikitnya 16 dari anggotanya, termasuk Ibrahim Aqil pemimpin senior dan Ahmed Wahbi komandan utama meninggal dalam serangan Israel tersebut.

Serangan itu terjadi dua hari setelah sedikitnya 39 orang tewas dan lebih dari 3 ribu lainnya luka-luka dalam dua gelombang ledakan perangkat komunikasi nirkabel di Lebanon.

Meski Pemerintah Lebanon dan Hizbullah menuding Israel atas ledakan itu, Tel Aviv belum menyangkal atau mengonfirmasi keterlibatannya.

Hizbullah dan Israel telah terlibat dalam perang lintas perbatasan sejak dimulainya serangan Israel terhadap Gaza, yang saat ini telah menewaskan 41.400 orang, menyusul serangan lintas batas yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober tahun lalu. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 22 September 2024
29o
Kurs