Selasa, 22 Oktober 2024

Lantunan Ayat Suci Al-Quran Meriahkan Malam Hari Santri dalam Lomba Ngalim

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana ruangan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya saat menggelar Lomba Ngaji Lima Menit (Ngalim) dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional, Senin (21/10/2024). Foto: Arvin Fayruz Mg suarasurabaya.net

Lantunan ayat suci Al-Quran bergema di kantor PCNU Surabaya pada Senin (21/10/2024) malam. Puluhan warga Nahdliyin menyambut Hari Santri Nasional 2024.

Pada malam hari santri itu, sekitar 30 pelajar Nahdliyin secara bergantian maju membacakan ayat suci Al-Quran. Mereka mengikuti lomba Ngalim atau ngaji lima menit.

“Peringatan hari santri ini, salah satunya ada lomba ngalim, ngaji selama lima menit bergantian,” kata Muhammad Cholilurrahman Halim Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Surabaya kepada suarasurabaya.net.

Sebelum berlangsung proses pembacaan ayat suci Al-Quran dalam rangkaian lomba bertajuk ngalim, PCNU Surabaya terlebih dahulu mengadakan lomba banjari di sore harinya.

Dalam banjari tersebut, diikuti oleh 20 kelompok dengan total peserta sekitar 200 orang. Tiap satu tim berisi 10 orang; lima diantaranya bertugas sebagai penabuh rebana, dan lima lainnya bertugas sebagai pengisi suara.

Selama lomba banjari tersebut berlangsung, senandung selawat nabi memenuhi area Tugu Pahlawan Surabaya, dekat kantor PCNU Surabaya. Tak sedikit di antara pengunjung Tugu Pahlawan ikut melantunkan selawat.

Rangkaian kegiatan hari santri tersebut, terbuka untuk umum. Seluruh masyarakat bisa mengikuti atau menonton setiap kegiatan yang digelar oleh NU Surabaya.

“Kita terbuka, karena ini adalah syiar, bagaimana kita memperlihatkan kepada seluruh masyarakat kepada seluruh elemen kegiatan hari santri ini,” ucapnya.

Seperti diketahui, peringatan hari santri di Surabaya itu, merupakan hasil kolaborasi dari berbagai lembaga ataupun badan organisasi yang ada di NU Surabaya, mulai dari IPNU IPPNU, Fatayat hingga Bahtsul Masail.

Kegiatannya sendiri, selain lomba banjari, ada lomba nadhom aqidatul awam, lomba ngalim,, talkshow, bazar, hingga drama kolosal dan tasyakuran di puncak peringatan hari santri pada tanggal 22 Oktober besok. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 22 Oktober 2024
25o
Kurs