Jumat, 20 September 2024

Kunker ke Kalimantan Timur, Jokowi Presiden Kembali Berkantor di IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menuruni tangga Pesawat Kepresidenan Indonesia 1, Minggu (11/8/2024), diBandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto: biro pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Minggu (11/8/2024), kembali melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur.

Sebelumnya, Senin (29/7/2024), Jokowi untuk pertama kalinya menjajal berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan fasilitas seadanya.

Kali ini, Presiden bersama rombongan terbatas berangkat sekitar pukul 14.00 WIB dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, menumpang Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Jokowi langsung naik Helikopter Super Puma TNI AU menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Yusuf Permana Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden mengatakan, Presiden akan menginap di IKN, dan melakukan sejumlah kegiatan besok, Senin (12/8/2024).

Kegiatan Kepala Negara yang sudah terjadwal besok yaitu Rapat Kabinet Paripurna perdana di Istana Garuda, dan peletakan batu pertama sejumlah infrastruktur pendukung di IKN.

“Presiden akan kembali berkantor di IKN selama beberapa hari ke depan. Presiden diagendakan melakukan rapat kabinet paripurna pertama di IKN dan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) sejumlah infrastruktur pendukung di IKN,” ujarnya.

Sementara,Menteri Kabinet Indonesia Maju yang jadi peserta Rapat Kabinet Paripurna, hari ini mulai mendatangi IKN.

Menurut Yusuf Permana, para pembantu Presiden bakal menginap di Hotel Nusantara hotel bintang 5 satu-satunya di IKN yang sudah beroperasi.

Sementara itu, Pratikno Menteri Sekretaris Negara menyatakan, Rapat Kabinet Paripurna di IKN akan membahas hal-hal yang sifatnya umum.

Antara lain, evaluasi berjalannya pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang sebentar lagi berakhir.

Kemudian, rapat juga bakal membahas perencanaan tahun depan, termasuk transisi ke pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bilang, sudah menyiapkan Istana Garuda dan Istana Negara untuk Rapat Kabinet di IKN.

Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN meyebut, ada empat ruangan/hall yang bisa menampung semua Menteri Kabinet Indonesia Maju. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
28o
Kurs