Senin, 1 Juli 2024

Klub Liga 1 Terancam Sanksi Pengurangan Poin Jika Tak Penuhi Standar Lisensi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ferry Paulus Direktur Utama PT LIB bersama Eric Thohir Ketua Umum PSSI ketika memberikan keterangan kepada awak media di Jakarta. Foto: PT LIB

PT Liga Indonesia Baru (LIB) merancang sistem sanksi pengurangan poin bagi klub Liga 1 yang tak mampu memenuhi standar lisensi klub dalam berkompetisi.

“Ini (sanksi pengurangan poin) dilakukan karena merupakan suatu bentuk kepedulian kepada klub bahwa club licensing ini menjadi keharusan,” ujar Ferry Paulus Direktur Utama PT LIB dilansir dari Antara, Sabtu 29/6/2-24).

PT LIB melaporkan, menjelang kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2024-2025 yang akan bergulir pada 9 Agustus, terdapat sebanyak sepuluh klub sepak bola yang belum memenuhi standar lisensi klub.

Kesepuluh klub itu yakni PSM Makassar, Persita Tangerang, PSS Sleman, Barito Putera, Arema FC, Dewa United, Persis Solo, PSBS Biak, Malut United, dan Semen Padang.

Ferry mengatakan, klub-klub itu belum memenuhi standar lisensi karena kekurangan di berbagai aspek seperti finansial, sporting, legal, infrastruktur dan sebagainya.

Oleh sebab itu, pihaknya akan melakukan asistensi dan pengujian ulang (remedial) terhadap setiap klub agar memenuhi aspek-aspek yang kurang itu sebelum kompetisi musim 2024-2025 dimulai.

Ia menjelaskan, selanjutnya, apabila masih ada klub yang belum memenuhi standar lisensi, maka akan dikenakan sanksi pengurangan poin untuk musim kompetisi berikutnya, atau musim 2025/2026.

PT LIB merancang mekanisme pengurangan poin melalui skema warna hijau, kuning dan merah. Warna hijau berarti lolos standar lisensi dan akan mendapatkan reward atau insentif.

Sementara warna kuning, kata dia, akan dilihat kembali berapa jumlahnya. Jika terdapat satu warna kuning maka klub akan mendapat pengurangan satu poin.

Jika suatu aspek standar yang kurang lebih dominan atau berada di warna merah maka poin klub akan dikurangi dua untuk musim berikutnya.

Ferry menambahkan, kekurangan aspek-aspek standar lisensi klub akan diketahui sebelum kompetisi berakhir pada bulan Maret dan April.

“Nantinya jelang akhir kompetisi akan kelihatan, misalnya klub A kuning satu maka akan dikurangi satu poin dan seterusnya,” katanya. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 1 Juli 2024
28o
Kurs