Minggu, 8 September 2024

Ketua DPR RI Sampaikan Peran Krusial Parlemen Indonesia-Pasifik Hadapi Tantangan Global

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI (tengah) menutup IPPP 2024, Kamis (25/7/2024), di Jakarta. Foto: istimewa

DPR RI, malam hari ini, Kamis (25/7/2025), resmi menutup perhelatan Pertemuan Kedua Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) Tahun 2024.

Puan Maharani Ketua DPR RI mengapresiasi kontribusi positif dari para perwakilan parlemen selama rangkaian agenda berlangsung.

Dalam forum internasional itu, Puan mengingatkan perwakilan parlemen yang hadir mengenai empat poin peran krusial parlemen untuk mempercepat konektivitas regional dan pembangunan yang inklusif.

Menurut Puan, hal itu penting untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat luas.

“Saya meyakini berbagai inisatif dalam forum IPPP dapat memberikan manfaat yang dirasakan nyata bagi masyarakat di kawasan. Pada akhirnya, berkontribusi bagi terciptanya kawasan yang terbuka, stabil, inklusif, dan sejahtera untuk masyarakat juga,” ujarnya di hadapan para perwakilan parlemen.

Empat poin peran Parlemen Indonesia-Pasifik yang pertama adalah parlemen menjembatani relasi antarmasyarakat demi terciptanya kohesivitas dan ketahanan yang lebih solid.

Kedua, parlemen dituntut memastikan hadirnya kerangka kebijakan guna mendorong terciptanya atmosfer kondusif untuk melahirkan inisiatif pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan pembangunan inklusif.

Ketiga, parlemen harus meletakkan ekonomi biru sebagai potensi prioritas untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan sekaligus pengentasan kemiskinan.

Terakhir, parlemen dituntut bekerja konkret agar terjadi akselerasi terciptanya fondasi paling vital bagi kemajuan negara, yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Lebih lanjut, Puan berharap IPPP menjadi forum yang awet untuk saling bertukar pandangan dan berbagi pengalaman terbaik antarnegara kawasan pasifik.

Dirinya pun menginginkan seluruh perwakilan parlemen memberikan inisiatif untuk penyelenggaraan IPPP mendatang.

“Kami sangat senang dan menyambut baik keterlibatan aktif mitra-mitra parlemen kami di Pasifik. Kami, DPR RI, akan berkomitmen penuh mendukung Pemerintah Indonesia menjalin kerja sama lebih erat lagi dengan negara-negara di Pasifik,” tandasnya.

Sekadar informasi, IPPP 2024 diikuti para ketua dan anggota parlemen yang berasal dari 12 negara Pasifik, 1 teritori, dan 1 organisasi internasional. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs