Kamis, 19 September 2024

Ketua BKSAP DPR Berduka Atas Wafatnya Ismail Haniyeh Pejuang Palestina

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Fadli Zon waktu bertemu dan menyerahkan keris kepada Ismail Haniyeh di sela-sela Konferensi Palestina di Istanbul, Turki 3 Desember 2021 silam. Foto: Istimewa

Fadli Zon Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI mengenang perjuangan Ismail Haniyeh Pemimpin Pejuang Palestina, Hamas, yang wafat di Teheran, Iran, bersama dengan pengawalnya.

“Innalillahi wainnailaihi raajiun. Turut berduka cita atas syahidnya, pemimpin pejuang perlawanan Palestina, Allahyarham Ismail Haniyah. Tak ada perjuangan tanpa pengorbanan. Selamat jalan Ismail Haniyah. Insya Allah Palestina merdeka!,” ujar Fadli dalam keterangan kepada media, Rabu (31/7/2024).

Wafatnya Pemimpin Hamas tersebut sebelumnya disampaikan di laman berita milik Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Rabu (31/7/2024). Pemicu insiden serangan belum diketahui. IRGC menyatakan, insiden itu tengah diselidiki.

Diketahui Ismail Haniyeh tiba di Teheran, Iran, Selasa (30/7/2024), untuk menghadiri pelantikan Masoud Pezeshkian Presiden Iran. Selain bertemu dengan Pezeshkian, Haniyeh juga sowan menemui Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Fadli Zon mengatakan, politisi Fraksi Partai Gerindra itu pernah bertemu dan menyerahkan keris kepada Ismail Haniyeh di sela-sela Konferensi Palestina di Istanbul, Turki 3 Desember 2021 silam.

Sementara pertemuan terakhir Fadli Zon dengan Ismail Haniyeh juga terjadi pada 1 Juli 2024 di Doha, Qatar. Dalam pertemuan tersebut, Fadli Zon membicarakan dukungan DPR RI untuk kemerdekaan Palestina dan bantuan kemanusiaan bagi korban dan pengungsi Gaza.

Kekerabatan anggota DPR RI dengan Ismail Haniyeh tersebut juga telah berlangsung sejak lama, khususnya saat Fadli Zon masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019.

Saat itu, pada 1 September 2018, Fadli Zon bersama dengan Nurhayati Ali Assegaf Ketua BKSAP DPR RI menerima surat resmi tanda ucapan terima kasih rakyat Palestina atas bantuan perjuangan rakyat dan para pemimpin Indonesia untuk kemerdekaan Palestina.

Surat tersebut ditandatangani langsung oleh Ismail Haniyeh Pemimpin Hamas, yang disampaikan oleh Syekh Ahmad Zuhairi Kepala Biro Politik Hamas. (rid/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
24o
Kurs