Kamis, 19 September 2024

Kemlu RI Pastikan Tak Ada WNI yang Jadi Korban Topan Bebinca di Shanghai

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Ilustrasi badai. Foto: Antara

Judha Nugraha Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memastikan tidak ada WNI yang jadi korban Topan Bebinca di Shanghai.

Judha mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan otoritas setempat dan komunitas WNI setelah terjadinya badai tersebut.

“Tidak ada informasi ada WNI yang menjadi korban Topan Bebinca,” kata Judha, melansir Antara, Selasa (17/9/2024).

Judha mengatakan pemerintah setempat telah melakukan sejumlah tindakan mitigasi bencana seperti, mobilisasi tim SAR di titik-titik rawan dan aktivasi sistem tanggap darurat di kota Shanghai serta provinsi Anhui dan Zhejiang.

Berdasarkan data lapor diri WNI yang tercatat KJRI Shanghai, saat ini terdapat 975 WNI yang menetap di Shanghai dan provinsi sekitarnya, yaitu Zhejiang, Jiangsu, Jiangxi, dan Anhui.

Selain itu, KJRI Shanghai dapat dihubungi melalui nomor +86-1356-4406-540 atau aplikasi WeChat dengan kode ID KonsulerShanghai, kata Judha.

Untuk diketahui, Topan Bebinca yang mencapai Shanghai di pesisir timur China pada Senin pagi, menjadi topan terkuat yang melanda kota tersebut sejak 1949, menurut Badan Meteorologi China (CMA).

Lebih dari 414 ribu warga Shanghai mengungsi untuk menghindar dari dampak badai tersebut.

Akibat Topan Bebinca, otoritas kota meliburkan kegiatan belajar dan mengajar dan menghentikan layanan transportasi. Penerbangan di Bandara Pudong dan Bandara Hongqiao Shanghai, serta perjalanan kereta api di delta Sungai Yangtze juga sempat ditangguhkan. (ant/kir/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
33o
Kurs