Jumat, 18 Oktober 2024

Kemensetneg Siapkan Mobil Alphard AD 1 JKW untuk Jokowi Pulang ke Solo

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden menyapa awak media dari dalam mobil usai menemui Raja Keraton Ngayogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Kilen, Yogyakarta, Minggu (28/1/2024). Foto: Antara

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sudah menyiapkan dua opsi kepulangan Joko Widodo dari Jakarta ke Solo, Jawa Tengah, sesudah resmi melepas jabatan Presiden RI.

Pertama, lewat jalan darat menggunakan mobil, dan opsi yang kedua jalur udara dengan pesawat terbang.

Ari Dwipayana Koordinator Staf Khusus Presiden mengatakan, Kemensetneg menyiapkan beberapa mobil untuk perjalanan Jokowi menuju rumah pribadinya.

Salah satu mobil yang disiapkan yaitu Toyota Alphard warna hitam bernomor polisi AD 1 JKW.

Sedangkan untuk jalur udara, Kemensetneg menyiapkan pesawat komersil untuk mengangkut Jokowi dan Iriana pulang dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Kementerian Sekretariat Negara sudah menyiapkan berbagai skenario. Apakah Pak Jokowi berkenan melalui darat atau melalui udara,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Lebih lanjut, Ari bilang Tim Protokol Istana Kepresidenan, juga sudah merancang aktivitas Jokowi setibanya di Solo.

Kemudian, Ari menegaskan negara memfasilitasi pengawalan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk Jokowi beserta keluarganya begitu sudah tidak lagi berstatus RI 1.

Seperti diketahui, Jokowi sudah dua periode menjabat Presiden, mulai 2014-2019, dan periode 2019-2024.

Jokowi akan resmi purna tugas sebagai Presiden RI, sesudah Prabowo Subianto mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden RI periode 2024-2029, Minggu (20/10/2024), di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 18 Oktober 2024
31o
Kurs