Selasa, 2 Juli 2024

Kemenag: Safari Wukuf KKHI Tahun Ini Menurun daripada Tahun Lalu

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Peserta safari wukuf lansia nonmandiri saat digeser dari hotel sektor menuju hotel transit di Makkah, Rabu (12/6/2024). Foto: MCH 2024

Fase pemulangan jemaah haji terus dilakukan. Hingga Sabtu (29/6/2024) pukul 21.00 WAS, jemaah dan petugas yang telah diterbangkan ke Tanah Air berjumlah 58.894 orang dari 149 kelompok terbang.

Kemudian jemaah haji Indonesia yang wafat, berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) hingga pukul 08.15 WIB, berjumlah 324 orang.

Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan, pasca Armuzna jumlah jemaah sakit di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) menurun dibanding tahun sebelumnya.

“Kebijakan murur pada pergerakan jemaah saat puncak haji dari Arafah ke Muzdalifah, lalu Mina (Armuza) tahun ini berdampak positif dengan berkurangnya jemaah kelelahan pasca Armuzna dibanding tahun lalu,” kata Widi Dwinanda anggota media center Kemenag, Minggu (30/6/2024).

Ia menjelaskan, murur adalah mabit (bermalam) yang dilakukan dengan cara melintas di Muzdalifah, setelah menjalani wukuf di Arafah. Jemaah saat melewati kawasan Muzdalifah tetap berada di atas bus (tidak turun dari kendaraan), lalu bus langsung membawa mereka menuju tenda Mina.

Selain menurunnya jemaah sakit pasca Armuzna di KKHI, Widi menyampaikan, tahun ini, jumlah jemaah haji sakit yang disafariwukufkan berjumlah 53 orang.

“Menurun cukup banyak dibanding tahun 2023 yang berjumlah 238 jemaah, untuk membawa jemaah ke Arafah saat itu dibutuhkan 15 bus, dengan 6 bus di antaranya khusus untuk jemaah yang harus berbaring,” katanya.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kembali mengingatkan jemaah haji untuk tidak memasukkan air Zamzam dalam berbagai kemasan ke dalam tas koper.

“Air Zamzam termasuk barang yang dilarang aturan penerbangan untuk dimasukkan ke dalam koper bagasi. Jika terindikasi ada, koper bagasi tersebut akan dibongkar petugas dan air Zamzam dikeluarkan. Air Zamzam sangat mudah terdeteksi di X-Ray, meski dikemas dalam bentuk apapun,” terangnya.

Hari ini, Minggu terdapat 19 kelompok terbang, dengan jumlah jemaah haji sebanyak 7.809 orang. Mereka telah dan akan diterbangkan ke Tanah Air.

“Jemaah yang diberangkatkan dari Makkah ke Madinah untuk beribadah di Masjid Nabawi berJumlah 1.829 orang tergabung dalam lima kloter,” tutupnya. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 2 Juli 2024
29o
Kurs