Kamis, 19 September 2024

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik Belum Padam hingga Kamis Sore, Api Kian Membesar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suyono Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Gresik memimpin upaya pemadaman kebakaran pabrik plastik di Kedamean, Gresik, Kamis (12/9/2024). Foto: Suyono via WA SS

Kebakaran pabrik plastik yang berlokasi di Kedamean, Gresik dilaporkan mengalami kebakaran pada, Kamis (12/9/2024) siang, masih berlanjut hingga pukul 16.00 sore WIB.

Suyono Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Gresik waktu dikonfirmasi mengatakan, kebakaran semakin besar jelang sore hari karena banyaknya potongan plastik yang terbakar.

“Makin membesar apinya, jadi hampir separuh yang belakang (pabrik) yang terbakar. Api di bagian tengah itu kami lokalisir kami basahi sehingga tidak merembet ke depan, jadi ini yang belakang yang terbakar. Yang terbakar 150-an meter kebelakang dengan lebar 25 meter,” ujar Suyono kepada Radio Suara Surabaya, Kamis sore.

Dia menjelaskan, awal kebakaran itu disebabkan dari ilalang yang terbakar di samping pabrik, namun api merembet ke bagian belakang sekitar pukul 11.00 WIB.

Terkait kendala pemadaman, menurutnya karena akses yang sulit ditempuh mobil pemadam. “Karena memang aksesnya memang satu, kami tidak bisa menjangkau dari luar karena daerah persawahan,” ujarnya.

Total ada enam unit mobil pemadam yang dikerahkan, terdiri dari posko Driyorejo, Menganti, serta dari posko kota. Selain itu sebanyak 12 mobil supply air juga ikut dikerahkan supaya mobil pemadam tidak sampai meninggalkan lokasi kebakaran.

Soal bantuan unit dari Kota Surabaya, Suyono mengatakan pihaknya sudah koordinasi. Namun, juga terkendala akses ke lokasi yang sulit.

“Lagi-lagi karena aksesnya yang sulit, hanya dua kendaraan yang bisa distandbykan, pakai sistem supply air saja. Kalau kami hitung sudah habis sekitar 25 tangki besar,” ujarnya. (bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
34o
Kurs