Rabu, 18 September 2024

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Baru Bisa Dipadamkan Setelah Hampir 22 Jam

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kondisi bagian belakang pabrik plastik di Kedamean Gresik usai kebakaran sejak, Kamis (12/9/2024) siang, yang baru bisa dipadamkan pada, Jumat (13/9/2024) pagi. Foto: Suyono via WA SS

Kebakaran pabrik plastik yang berlokasi di Kedamean, Gresik, sejak Kamis (12/9/2024) siang pukul 11.00 WIB, baru berhasil dipadamkan pada, Jumat (13/9/2024) pagi.

Suyono Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Gresik mengatakan, api pokok baru berhasil dipadamkan setelah hampir 22 jam, yakni sekitar pukul 09.15 WIB yang kemudian dilanjut dengan pembasahan.

“Luas yang terbakar sekitar 1,2 hektar. Jadi pabrik itu masuknya (panjangnya) jauh sekali (ke dalam), sedangkan sisi kanan-kirinya persawahan yang sulit dijangkau dengan kendaraan,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Jumat siang.

Total ada tujuh kendaraan pemadam kebakaran yang dikerahkan, dibantu belasan kendaraan tangky air milik masyarakat dan umum yang mobile untuk men-supply air.

Kesulitan pemadaman, kata Suyono, selain manuver kendaraan tak bisa keluar masuk, banyak tumpukan bahan baku yang mudah terbakar. Meski demikian belum diketahui berapa total kerugian yang ditaksir.

Sebelumnya, Suyono mengatakan kebakaran itu disebabkan adanya orang yang bakar-bakar dekat ilalang. Namun apinya merembet dan membakar bagian belakang pabrik .

“Orang bakar-bakar dan merempet ke pabrik plastik tersebut, menyambar bahan baku plastik. Sehingga (api kebakaran) membesar di sisi belakang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, api tak sambai menjalar ke bagian depan karena sudah diantisipasi petugas dengan dilakukan pembasahan pada bagian tengah sampai depan.

Pabrik tersebut dalam kondisi beroperasi saat kebakaran terjadi, namun untuk saat ini tak ada laporan korban jiwa maupun luka. “Pegawainya dikumpulkan di titik kumpul di depan, sekitar 500 orang,” ucapnya. (bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 18 September 2024
30o
Kurs