Kamis, 19 September 2024

Kapolri Pimpin Upacara Hari Juang Polri di Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri saat membacakan promlamasi, Rabu (21/8/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri memimpin upacara Hari Juang Polri di depan Monumen Perjuangan Polri Jalan Raya Darmo sisi timur, Rabu (21/8/2024) pagi.

Dalam pantauan suarasurabaya.net, Kapolri memasuki lapangan upacara pada pukul 09.10 WIB, dan langsung menerima laporan upacara, lanjut berdiri di podium tenda tengah.

Upacara dimulai pukul 09.00 WIB dengan ratusan anggota Polri sebagai pasukan upacara memasuki area dari dua arah, Jalan M Jasin Polisi Istimewa, belakang tenda upacara.

Sekira 20 menit kemudian, Kapolri membacakan teks Proklamasi Polisi yang dulu dibacakan Moehammad Jasin pemimpin Polisi Istimewa Surabaya pada 21 Agustus 1945.

“Untuk bersatu dengan rakjat dalam perdjoeangan mempertahankan Proklamasi 17 Agoestoes 1945, dengan ini menjatakan polisi sebagai Polisi Repoeblik Indonesia,” isi proklamasi yang dibacakan Kapolri.

Upacara tanpa amanat Kapolri sebagai inspektur upacara itu berakhir pukul 09.27 WIB, dan diakhiri dengan pembacaan doa.

Agenda dilanjutkan dengan drama kolosal yang menceritakan bagaimana peristiwa pembacaan proklamasi oleh Moehammad Jasin pemimpin Polisi Istimewa Surabaya pada 21 Agustus 1945. (lta/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
34o
Kurs