Sabtu, 14 September 2024

Kampung Unggulan TPS Raih Juara I Lomba Penataan Lingkungan yang Digelar Pelindo

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Warga Perak Barat RT 03 RW 03 menyambut secara meriah kehadiran Dewan Juri dari Pelindo Terminal Petikemas (TPS), 17 agustus 2024 lalu. Foto: Terminal Petikemas/ Pelindo

Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) menggelar Lomba Penataan Lingkungan dengan tema Kemerdekaan dan Pelabuhan sebagai rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79.

Lomba penataan lingkungan kampung di sekitar wilayah pelabuhan ini diikuti oleh sejumlah anak usahanya, salah satunya adalah PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Masing-masing anak usaha mengusulkan kampung unggulan untuk itu serta dalam lomba ini. 

Erika Palupi, Sekretaris Perusahaan TPS menyampaikan bahwa selama ini engagement antara pihaknya dengan kampung-kampung di sekitar lokasi perusahaan, telah terjalin dengan baik. Karenanya, dari hasil mapping potensi kampung-kampung tersebut dapat diusulkan ikut serta dalam lomba.

“Setiap kampung memiliki keunikan dan program unggulan masing-masing, yang kesemuanya berpotensi untuk mendapatkan penilaian yang baik dalam lomba ini,” jelas Erika dalam keterangannya yang diterima, Jumat (30/8/2024).

Dalam lomba ini, TPS mengikutsertakan RT 03 dan RT 06 dari RW 03 Kelurahan Perak Barat sebagai kampung unggulan. Pertimbangannya, dua kampung ini punya kebersamaan dan gotong royong warganya sangat baik.

Selain itu, beberapa programnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan tinggal yang nyaman serta peningkatan kesejahteraan warga terlaksana seperti Instalasi Pemurnian Air Limbah (IPAL), yang berfungsi untuk mengolah air limbah dengan cara yang ramah lingkungan, lalu usaha ternak, sayur hidroponik serta pembentukan bank sampah RT.

Dari hasil penjurian yang terdiri dari perwakilan anak usaha SPTP, salah satu kampung unggulan TPS, yaitu RT 03 RW 03 Perak Berat berhasil meraih juara pertama dan berhak mendapatkan hadiah berupa dana pembinaan kampung senilai Rp25 juta.

Penyerahan hadiah secara simbolis disampaikan langsung oleh Arif Suhartono Direktur Utama Pelindo, saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di halaman kantor Pelindo Sub Regional Jawa tanggal 17 Agustus 2024. 

Setya Ketua RT 03 RW 03 Kel Perak Barat, mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya bahwa RT-nya berhasil meraih juara dalam lomba ini.

“Senang dan bangga tentunya. Upaya yang kami lakukan selama ini mendapatkan apresiasi. Terima kasih kepada TPS yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk dapat menunjukkan program-program kami melalui lomba penataan kampung ini,” ungkap Setya.

Upaya mendukung penataan lingkungan di kampung sekitar TPS akan terus dilakukan dan dilanjutkan, antara lain dalam waktu dekat akan dibentuk Bank Sampah terpadu di RW 03 Perak Barat sebagai salah satu program strategis TJSL SPTP yang diturunkan ke TPS.

“Diharapkan, pembentukan bank sampah di tingkat RW ini, yang nanti akan menjadi hub dari bank sampah yang ada di sepuluh RT pada lingkup RW 03 Perak Barat ini, tidak hanya akan meningkatkan kesadaran lingkungan, tetapi juga memberikan nilai tambah secara ekonomi bagi warga setempat,” tutupnya. (bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 14 September 2024
29o
Kurs