Rabu, 23 Oktober 2024

Kajati Jatim Benarkan OTT 3 Hakim PN Surabaya Terkait Dugaan Suap Kasus Ronald Tannur

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Mangapul hakim anggota PN Surabaya yang ditangkap Kejagung akan diperiksa di Kejati Jatim, Rabu (23/10/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Mia Amiati Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kajati Jatim) membenarkan operasi tangkap tangan (OTT) oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) terhadap tiga orang hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya terkait dugaan suap kasus pembunuhan Ronald Tannur terhadap Dini Sera Afrianti (DSA) kekasihnya.

Ketiga hakim yang kena OTT Kejagung itu adalah Erintuah Damanik Ketua Majelis Hakim di PN Surabaya, lalu dua hakim anggota yakni Heru Hanindyo dan Mangapul.

“Yang (menangani kasus) Ronald Tannur pasti sudah tahu semua teman-teman,” katanya saat konferensi pers di tengah pemeriksaan ketiga tersangka berlangsung di Kejati Jatim, Rabu (23/10/2024).

Mia Amiati Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur saat konferensi pers pemeriksaan tiga hakim PN Surabaya yang ditangkap Kejagung, Rabu (23/10/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Ia tak menjelaskan secara detail pemeriksaan tersebut, termasuk nilai suap atau gratifikasi yang diterima ketiganya dalam kasus Ronald Tannur. Kejati Jatim hanya memfasilitasi tempat pemeriksaan ketiga tersangka.

“Dari kami hanya ketempatan melaksanakan kegiatan memfasilitasi kegiatan teman-teman yang sedang melaksanakan kegiatan pemeriksaan. Di mana ada tiga orang yang diduga menerima suap gratifikasi terkait perkara yang berkaitan dengan penanganan perkara Ronald Tannur,” bebernya.

Untuk detail kasus, lanjutnya, akan dijelaskan lengkap oleh Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung di Jakarta, pukul 19.00 WIB malam ini.

“Nanti jam 19 Pak Jampidsus sendiri yang akan langsung memaparkan kasusnya terkait penanganan tersebut,” imbuhnya.

Ketiga hakim itu, kata Mia, ditangkap di beberapa titik di Jawa Timur hari ini. “Di sini di Jatim, di beberapa titik yang dilakukan penggeledahan,” susulnya.

Pantauan suarasurabaya.net, kedatangan tiga hakim tersebut bertahap. Mulai pukul 16.32 WIB Heru Hanindyo dibawa mobil hitam. Pukul 17.01 menyusul dua mobil membawa Erintuah Damanik dan Mangapul.

Selain itu terlihat satu wanita yang ikut menutup wajahnya dengan tas saat dipanggil wartawan dengan sebutan Bu Lisa. Panggilan itu diduga mengacu pada nama Lisa Rahmat pengacara Ronald Tannur.

Tapi hingga berita ini diunggah belum bisa dipastikan siapa sosok perempuan yang keluar bersama Damanik dari mobil itu. “Kita belum tahu (siapa sosok perempuan),” tegas Mia. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 23 Oktober 2024
31o
Kurs