Kamis, 19 September 2024

Jokowi Sambut Hangat Kunjungan Bersejarah Paus Fransiskus ke Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan keterangan pers terkait kunjungan Paus Fransiskus, Selasa (3/9/2024), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Paus Fransiskus Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, hari ini, Selasa (3/9/2024), memulai lawatannya ke Indonesia.

Joko Widodo Presiden RI mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus merupakan momen bersejarah.

Paus Fransiskus menjadi Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia sesudah Paus Santo Paulus VI yang berkunjung tahun 1970, dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989.

Dalam keterangan pers, di Istana Merdeka, Jakarta, Presiden mengatakan Indonesia dan Vatikan memiliki komitmen yang sama dalam hal memupuk perdamaian dan persaudaraan, serta menjamin kesejahteraan umat manusia.

“Atas nama Rakyat Indonesia, saya menyambut hangat dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke Indonesia,” ujarnya.

Seperti diketahui, Paus Fransiskus terjadwal melakukan Perjalanan Apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura dari tanggal 2 sampai 13 September 2024.

Indonesia jadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam lawatannya ke kawasan Asia Pasifik.

Selama tiga hari di Indonesia, dari tanggal 3-6 September 2024, Paus Fransiskus punya sejumlah agenda kegiatan penting.

Antara lain, bertemu Joko Widodo Presiden di Istana Merdeka Jakarta, dan bertemu rohaniawan di Gereja Katedral Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Kemudian, Kamis (5/9/2024), Pemimpin Gereja Katolik Dunia kelahiran Argentina itu bakal bertemu tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal, dan memimpin Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan peserta sekitar 86 ribu Umat Katolik.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
25o
Kurs