Jumat, 11 Oktober 2024

Jokowi Resmikan Istana Negara IKN Sebagai Kediaman Resmi Presiden Indonesia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joko Widodo Presiden (tengah) bersama Ahmad Muzani Ketua MPR RI (dua dari kiri) dan Luhut Binsar Pandjaitan Menko Marves (dua dari kanan) waktu menekan tombol sirine peresmian Istana Negara IKN, Jumat (11/10/2024). Foto:Tangkapan Layar Youtube Setpres

Joko Widodo (Jokowi) Presiden didampingi sejumlah Menteri dan pimpinan MPR RI meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024), sebagai fasilitas kediaman resmi Presiden Indonesia.

Prosesi peresmian Istana Negara IKN diawali dengan penyerahan sertifikat Istana Negara dari Agus Harimurti Yudhoyono Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kepada Pratikno Menteri Sekretaris Negara.

Sertifikat hak pakai nomor 11 itu bernomor induk bidang elektronik 1484 atas nama Pemerintah RI dengan luas 56,87 hektare.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini, saya resmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi Presiden dalam pidatonya pada agenda peresmian Istana Negara IKN, seperti dipantau dari YouTube Sekretariat Presiden.

Selain Istana Negara, di lokasi itu juga ada Istana Garuda yang berfungsi sebagai kantor presiden. Istana Garuda terletak di atas bukit, di belakang Istana Negara, dan menghadap ke Taman Plaza Seremoni dan Bukit Bendera IKN.

Pada kesempatan itu, Jokowi hanya meresmikan Istana Negara. Sebab Istana Garuda masih tahap penyelesaian akhir bangunan yang diperkirakan memakan waktu sekitar satu bulan ke depan.

“Karena Istana Garuda saat ini masih dalam proses finishing dan dimungkinkan masih memakan waktu satu bulan ke depan, maka pada hari ini saya akan meresmikan Istana Negara terlebih dahulu dan nanti untuk Istana Garuda akan diresmikan Prabowo Subianto Presiden,” ujarnya.

Hadir dalam peresmian Istana Negara IKN Iriana Joko Widodo Ibu Negara, Basuki Hadimuljono Menteri PUPR sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN, Luhut Binsar Pandjaitan Menko Marves, Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan, Jenderal Agus Subiyanto Panglima TNI, Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri, Raja Juli Antoni Wakil Menteri ATR/BPN, serta jajaran pejabat Forkompimda Kalimantan Timur. (bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Surabaya
Jumat, 11 Oktober 2024
31o
Kurs