Jumat, 20 September 2024

Jokowi Presiden Sambut Kedatangan Paus Fransiskus di Istana Merdeka

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Paus Fransiskus Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan berjumpa Joko Widodo Presiden di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (4/9/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Paus Fransiskus Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, pagi hari ini, Rabu (4/9/2024), mengunjungi Istana Kepresidenan Jakarta.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, kedatangan Paus Fransiskus pada pukul 09.45 WIB, disambut upacara kenegaraan.

Paus yang berstatus Tamu Negara dijemput parade Pasukan Nusantara yang mengantar sampai masuk ke halaman Istana Kepresidenan.

Parade Pasukan Nusantara itu terdiri dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang memakai kostum prajurit berbagai kerajaan di Indonesia, serta pasukan berkuda.

Di halaman Istana Merdeka, puluhan anak-anak dari SD Tarakanita 3 Jakarta yang menyambut Paus Fransiskus memakai baju adat berbagai daerah Indonesia, dan memegang bendera kedua negara ukuran kecil.

Paus yang berada di dalam mobil Toyota Innova Zenix warna putih melambaikan tangannya ke arah para pewarta yang melakukan peliputan.

Begitu mobil yang ditumpangi Paus Fransiskus sampai di Halaman Istana Merdeka, Joko Widodo Presiden menyambut langsung dan mengajak bersama-sama menuju ke dalam gedung.

Paus Fransiskus Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan tiba di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (4/9/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Selanjutnya, berlangsung prosesi upacara militer. Lagu kebangsaan kedua negara berkumandang diiringi dentuman meriam kehormatan sebanyak 21 kali.

Sesudah itu, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Muhadjir Effendy Menko PMK, dan Prabowo Subianto Menteri Pertahanan secara bergantian bersalaman dengan Paus Fransiskus.

Lalu, diikuti Ignatius Kardinal Suharyo Uskup Agung Jakarta bersama Ignasius Jonan Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia beserta jajaran Rohaniawan Katolik.

Kemudian, Jokowi Presiden bersama Paus Fransiskus masuk bersama-sama ke dalam Istana Merdeka.

Sebelumnya, Selasa (3/9/2024), Jokowi Presiden RI mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus merupakan momen bersejarah.

Paus Fransiskus menjadi Paus ketiga yang menjejakkan kakinya di Indonesia sesudah Paus Santo Paulus VI yang berkunjung tahun 1970, dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989.

Seperti diketahui, Paus Fransiskus terjadwal melakukan Perjalanan Apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura dari tanggal 2 sampai 13 September 2024.

Tema kunjungan Paus tahun ini yaitu Iman, Persaudaraan, dan Bela Rasa atau Faith, Fraternity, and Compassion.

Indonesia jadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam lawatannya ke kawasan Asia Pasifik.

Pemimpin Gereja Katolik Dunia kelahiran Argentina itu terjadwal berada di Indonesia selama tiga hari, dari tanggal 3 sampai 6 September 2024. (rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
26o
Kurs