Kamis, 19 September 2024

Jokowi Presiden Resmikan RS UPT Vertikal Kemenkes di Kota Surabaya

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menyampaikan pidato sebelum meresmikan secara simbolis RS UPT Kemenkes di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Jumat (6/9/2024) memulai kunjungan kerja di daerah Provinsi Jawa Timur dengan meresmikan Rumah Sakit Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Vertikal Surabaya milik Kementerian Kesehatan.

Pantauan suarasurabaya.net yang ikut rombongan RI 1, Presiden tiba di lokasi, Jalan Indrapura Nomor 17, Krembangan, pukul 08.00 WIB.

Jokowi bersama Iriana Ibu Negara, Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan, Adhy Karyono Penjabat Gubernur, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya beserta jajaran Forkompimda Jawa Timur langsung melakukan peninjauan berbagai area rumah sakit.

Dalam pidato menjelang peresmian secara simbolis, RI 1 mengatakan, ada tiga penyakit penyebab kematian terbanyak di Indonesia, yaitu jantung, stroke dan kanker.

Pembangunan RS UPT Vertikal di Surabaya, menurut Presiden, sangat penting untuk menangani pasien tiga penyakit tersebut.

“Penyebab kematian tertinggi di negara kita adalah stroke, serangan jantung, dan kanker. Jatim ini menempati urutan ketiga setelah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Hati hati mengenai hal ini. Sehingga, pembangunan RS Kemenkes di Surabaya ini penting dalam rangka itu,” ujarnya.

Pemerintah, lanjut Jokowi, tidak mempersoalkan harus mengeluarkan banyak uang asalkan pelayanan rumah sakit baik, dan pasien cepat sembuh.

“Kalau RS seperti sekarang, tadi saya masuk seperti masuk hotel bintang lima. Kalau RS seperti ini, pelayanannya baik, dan yang sakit cepat sembuh bukan malah kerasan karena rumah sakitnya bagus, ini akan mencegah kehilangan devisa kita kurang lebih Rp180 triliun tiap tahun karena masyarakat kita pergi ke Singapura, Jepang, Malaysia, dan Amerika Serikat untuk berobat,” tegasnya.

Sekadar informasi, RS UPT Vertikal Kemenkes di Kota Surabaya dibangun di atas lahan seluas 5,2 hektare, dengan biaya sekitar Rp1,6 triliun.

RS UPT Vertikal Kemenkes di Surabaya memiliki empat tower atau gedung. Tower A adalah Medical Center atau gedung utama, Tower B untuk Spesialis Jantung, Tower C untuk Spesialis Otak/Stroke, dan Tower D untuk Spesialis Kanker.

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan mengklaim RS UPT Vertikal Surabaya merupakan RS UPT Vertikal Katastropik pertama dan terbesar di Indonesia.

RS UPT Vertikal Kemenkes di Surabaya didesain sebagai rumah sakit super hub untuk layanan tiga penyakit penyebab utama kematian (katastropik) di Indonesia, yaitu kanker, jantung dan stroke.

Rencananya, RS ini juga akan dikembangkan menjadi RS Pendidikan yang melaksanakan fungsi edukasi, pusat penelitian, dan pengembangan kesehatan.

Selain di Surabaya, Jawa Timur, RS UPT Vertikal juga dibangun di tiga provinsi lainnya yaitu RS UPT Vertikal Makassar di Sulawesi Selatan, RS Vertikal di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dan RS Vertikal Jayapura di Papua. (rid/ham/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
24o
Kurs