Jumat, 20 September 2024

Jokowi Presiden Pimpin Rapat Kabinet Paripurna Perdana di IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memimpin Rapat Kabinet Paripurna perdana di IKN, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Senin (12/8/2024), memimpin Rapat Kabinet Paripurna perdana yang berlangsung di Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Rapat paripurna di Istana Garuda diawali dengan pembacaan doa yang dipandu Ma’ruf Amin Wakil Presiden.

Dalam sesi pengantar rapat, Presiden mengucapkan rasa syukur karena bisa mengadakan rapat kabinet paripurna di IKN.

“Padi hari ini, kita bisa melakukan sidang paripurna yang istimewa karena dilaksanakan pertama kali di Ibu Kota Negara Nusantara,” ujar Jokowi.

Menurutnya, IKN adalah sebuah kanvas untuk mengukir masa depan Indonesia. Jokowi menyebut, tidak semua negara mampu membangun ibu kota negara dari nol.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara mengungkapkan, investasi yang masuk ke IKN sekarang nilainya sudah lebih dari Rp50 triliun. Sehingga, pembangunan yang berjalan sudah tidak menggunakan APBN.

“Nusantara dibangun dengan konsep forest city, kota hutan, kota yang penuh dengan kehijauan, bukan kota beton atau kota kaca, juga smart city, kota yang ditopang dengan teknologi dalam setiap aktivitas kotanya dan juga livable kita, kota yang nyaman ditinggali,” tegasnya.

Sekadar informasi, hari ini Jokowi Presiden kembali beraktivitas di IKN sampai beberapa hari ke depan. Sebelumnya, akhir Juli 2024, Presiden pertama kalinya menjajal berkantor di IKN.

Dari 41 orang menteri dan pejabat setingkat menteri Kabinet Indonesia Maju, tercatat ada dua yang tidak hadir di lokasi.

Masing-masing, Nadiem Makarim Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), dan I Gusti Ayu Bintang Darmawati Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Berdasarkan dokumen daftar hadir, Nadiem Mendikbudristek izin cuti. Sedangkan Bintang Darmawati absen karena ada tugas khusus. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs